Tanya Dokter

  • Terbangun tiba-tiba saat tidur, sesak napas, dan sulit bersendawa

  •  Hendrik Setya
    Anggota

    pagi dok' mau tanya' terkadang saya kalaw lagi tidur nyenyak suka tiba2 bangun trasa napas tidak fungsi' trus susah bersendawa' apa kah ituh penyakit lambung dok?

    Hendrik Setya  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat sore, Kondisi mendadak bangun akibat sesak napas saat sedang tertidur sering disebut sebagai Obstruktif Sleep Apneu (OSA) yaitu kondisi dimana napas terhenti atau sulit bernapas saat tidur. Dapa tterjadi akibat otot-otot pernapasan terlalu relaks atau adanya faktor lain yang menyebabkan jalan napas tertutup saat tdur seperti pada orang-orang yang memiliki pembesaran amandel/tonsil, lidah besar, lidah terjatih ke belakang saat tidur, leher pendek, kegemukan/obesitas, dll. Gejala utama berupa tiba-tiba terbangun saat tidur dan merasakan napas pendek, atau susah bernapas, seperti tersedak atau tercekik, tidur mengorok dengan keras, rasa kantuk berlebihan pada pagi atau siang hari, sulit berkonsentrasi pada pagi atau siang hari, dll. Jika Anda mengalami hal tersebut maka mungkin Anda mengalami OSA tersebut, sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter agar dapat dicari tahu apa penyebabnya dan dapat segera di tangani. Hal serupa juga bisa terjadi pada penyakit lambung yaitu GERD, yaitu naiknya asam lambung melalui pipa esofagus hingga ke mulut dan hidung. Gejala yang dilamai berupa rasa tidak nyaman atau mengganjal di dada dan tenggorokan, sesak napas, suara serak, rasa asam atau pahit di mulut. Untuk lebih pastinya silakan konsultasi secara langsug ke doker agar dapat digali lebih lengkap mengenai gejala penyakit yang Anda alami, serta dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

    Hendrik Setya  Adhie Austin
    Anggota

    Dok mau tanya ... Belakangan ini saya sering mendadak bangun saat tertidur ..dikarenakan saya seperti susah nafas dok ...mohon penjelasannya ...terimah kasih

    Hendrik Setya  Muhammad Ridho
    Anggota

    wah. ini sama seperti kondisi saya sekarang. terbangun saat tidur nyenyak karena sulit bernafas. padahal kondisi jantung, paru-paru, THT, radiologi bagus. seharusnya konsultasi ke dokter spesialis apa ya dokter? dan ini terjadi setiap malam yang menyebabkan saya trauma tidur. terimakasih.