Tanya Dokter

  • Jika satu anak thalasemia apakah anak yang lain juga?

  •  mega joniwen
    Anggota
    Selamat pagi dok, saya ingin bertanya jika dalam sebuah keluaga terdapat satu anak yang menderita thalasemia, apakah ada kemungkinan anak yang lain menderita thalasemia juga dok? Dan apakah penyakit ini bisa di cegah atau sembuh total?

    Halo,

    Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang diakibatkan faktor genetika dan menyebabkan protein yang ada dalam sel darah merah tidak berfungsi dengan normal. Penderita yang memiliki penyakit thalasemia akan memiliki kadar haemoglobin yang rendah sehingga akan terlihat lebih gampang lelah, muka pucat dibandingkan orang normal.

    Thalasiemia merupakan penyakit yang diturunkan. Penyebabnya disebabkan mutasi pada DNA yang memproduksi hemoglobin. Protein pada hemoglobin terdiri atas 4 gen yang berasal dari kedua orang tua. Masing-masing pihak dari ayah dan ibu menyumbang masing-masing 2 gen. Thalasemia terjadi bila terdapat minimal 2 gen yang mengalami mutasi. 

    Pada keluarga yang memiliki riwayat thalasemia terdapat kemungkinan sifat ini akan di turunkan ke anak-anaknya. Namun belum tentu anak yang dilahirkan menderita thalasemia.

    Demikianlah informasi yang dapat kami berikan.

    Berikut kami lampirkan artikel: thalasemia-gejala, penyebab, dan mengobati

    Semoga bermanfaat,

    dr. Mira