Tanya Dokter

  • Kaca mata minus telah memiliki anti radiasi, benar kah ?

  • Permisi dok, mata saya minus dan kadang pakai kacamata hanya untuk kuliah sedangkan kegiatan dirumah tidak, saya dirumah kadang didepan komputer sambil jualan. apa lebih baik kacamata itu harus dipakai setiap hari ? dan apakah kacamata minus biasanya sudah ada anti radiasinya ?

    Hai Syahruddin, Gangguan mata minus (yang disebut juga miopia atau rabun jauh) adalah kondisi di mana mata mengalami pandangan kabur saat melihat jauh. Hal ini disebabkan oleh kornea mata terlalu cembung sehingga bayangan objek jauh di depan retina. Akibatnya objek akan terlihat tidak fokus. Bila Anda mengalami gangguan mata minus, terutama minus yang sudah cukup besar, maka sebaiknya kacamata minus digunakan setiap saat kecuali pada waktu tidur atau mandi. Dengan penggunaan kacamata yang sesuai maka otot mata tidak mudah lelah dan mata tidak bekerja keras saat melakukan refraksi, sehingga tidak meningkatkan risiko terjadinya penambahan minus pada mata. Kacamata minus umumnya tidak otomatis memiliki efek antiradiasi. Kacamata yang memiliki lapisan antiradiasi dibuat secara khusus dan tentunya harganya akan lebih mahal dibandingkan dengan kacamata biasa. Namun perlu Anda ketahui bahwa efek antiradiasi yang dimaksud lebih ditujukan untuk menangkal efek buruk radiasi sinar UV, yaitu sinar yang dikeluarkan oleh matahari. Paparan sinar UV dari matahari dapat mempercepat kerusakan mata, oleh karena itu disarankan untuk menggunakan kacamata antiradiasi saat beraktivitas di luar ruangan yang mendapat banyak paparan sinar matahari. Sedangkan penggunaan kacamata antiradiasi untuk menangkal sinar dari komputer atau laptop sebenarnya tidak terlalu banyak gunanya. Sinar yang dikeluarkan dari komputer atau laptop merupakan suatu gelombang elektromagnetik, dan umumnya komputer sudah memiliki lapisan anti-glare sendiri yang sudah cukup untuk menangkal radiasi. Namun penggunaan komputer yang terus-menerus memang dapat menyebabkan mata lelah dan mudah kering. Untuk mengatasi kondisi ini berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:

    • Bila Anda bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama maka lakukan sistem 20-20-20, yaitu setiap 20 menit istirahatkan mata selama 20 detik dengan melihat ke kejauhan yang jaraknya 20 kaki (sekitar 6 meter)
    • Gunakan pencahayaan yang cukup pada layar komputer (tidak terlalu gelap dan tidak terlalu terang)
    • Atur jarak aman dari mata ke layar komputer yaitu sekitar 50-60 cm
    • Pastikan pencahayaan ruangan baik
    • Gunakan komputer pada saat diperlukan saja, hindari penggunaan komputer yang berlebihan (misalnya bermain game berjam-jam)
    • Bila mata terasa lelah dapat mengompres mata dengan air hangat selama beberapa menit untuk melembabkan dan merelaksasi mata
    • Konsumsi makanan yang bergizi, terutama yang mengandung vitamin A
    • Lindungi mata dari paparan sinar matahari langsung
    Artikel berikut ini memuat topik yang terkait: Mata minus Menghindari mata lelah Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman