Tanya Dokter

  • Perlukah Kacamata Radiasi Untuk Balita?

  •  Mom Rev
    Anggota

    Siang Dok...

    Dok saya mempunyai anak 4 tahun..terkadang suka melihat Handphone,yang ingin saya tanyakan apakah perlu saya memaikannya kacamata radiasi agak aman...?Terima Kasih Dok...

     

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, kepentingan anak atau bayi kita melihat handphone pada usia ini tidaklah signifikan, sehingga sebainya kita mempertimbangkan kesenangan anak kita dengan Hp. Mungkin kita melihat, betapa lucunya anak kita saat tertawa dan tersenyum bahkan diam tenang saat menggunakan Hp, namun hal ini akan menjadi faktor resiko tersendiri bagi anak kita di kemudian hari, dengan resiko gangguan tajam penglihatan, bersenang-senang dengan Hp, ataupun hubungan sosial yang menurun akibat Hp, bahkan gangguan pendengaran karena suara Hp. Dengan demikian, sebaiknya kita tidak perlu memberikan kaca mata Antiradiasi, namun cara yang lebih murah dan efisien adalah :

    1. mengindarkan Hp dari anak kita

    2. membatasi frekuensi penggunaan Hp

    3. menghindari penggunaan Hp berlebihan

    4. meningkatkan hubungan dan sosialisasi anak dengan lingkungannya

    5. meningkatkan kecerdasan anak dengan memanfaatkan teknologi secara tepat

    6. menyadari resiko sejak dini bagi anak kita

    Oleh karena itu, saya tidak menyarankan penggunaan Hp dengan kaca mata antiradiasi, karena hal ini akan menyebabkan dampak lain bagi tumbuh kembang anak dan hubungan sosialnya. Namun saya dapat menyarankan penggunaan Hp untuk meningkatkan kecerdasannya bukan untuk bersenang-senang sehingga penggunaan Hp dapat Anda batasi waktu dan frekuensinya sekitar 15-30 menit maksimal 1-2 jam perhari untuk semua time screen atau waktu melihat layar apapun, Hp, Tv, komputer.

    Bila Anda merasa memerlukan informasi lebih detail, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak bagian tumbuh kembang anak. DOkter akan memberikan gambaran umum dan informasi berkaitan dengan kesehatan, tumbuh kembang anak serta hubungan sosial dalam masa tumbuh kembang.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga time screen.

    dr. Ulfi