Tanya Dokter

  • Apakah 7 kali onani itu normal?

  • Selamat malam dokter? saya mau bertanya. Saya pria umur 23 tahun, belum menikah. Saya juga bukan pria perokok, bukan peminum alkohol, bukan pengguna narkoba atau bukan pelaku free sex. Kenapa ya dok saya selalu tergiur untuk melakukan onani rutin setiap hari dok dalam 7 hari dan kadang2 juga mimpi basah? kadang juga sehari bisa 2 kali onani dalam seminggu jk sy bertatapan atau deket sama cewek (saya cowok yg mudah terangsang). Apakah ini normal dok? Mohon penjelasannya. Terimakasih.

    Halo, Masturbasi (onani) merupakan tindakan merangsang diri sendiri untuk mendapat kepuasan seksual. Frekuensi masturbasi bervariasi, pada remaja sekitar 3-4x/minggu, dan pada orang dewasa sekitar 1-2x/minggu. Masturbasi menjadi tidak normal jika menjadi satu-satunya aktivitas seks yang dilakukan (padahal sudah menikah) atau dilakukan dengan frekuensi yang terus-menerus dan menjadi suatu kompulsi (tindakan yang dilakukan berulang-ulang untuk mengurangi kecemasan-jika masturbasi tidak dilakukan menjadi tidak tenang). Masturbasi juga sering dilakukan oleh penderita gangguan preferensi seksual yang secara kejiwaan tidak normal, yaitu:

    • Adiksi seks (ketagihan seks)
    • Exhibisionis (memamerkan alat kelamin ke orang lain demi kepuasan seksual)
    • Voyeurisme (kecenderungan mengintip orang lain yang sedang melakukan aktivitas seksual)
    Jika Anda sudah menikah, aktivitas masturbasi yang tidak dikendalikan dapat mengganggu keharmonisan rumah tangga. Anda dapat konsultasi dengan dokter (psikiater) mengenai keluhan Anda ini, dokter akan melakukan wawancara terkait keluhan Anda sehingga dapat diketahui aktivitas masturbasi tersebut masih normal atau tidak. Topik mengenai mimpi basa dibahas dengan lengkap pada artikel berikut ini: Kenapa seseorang bisa mimpi basah Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:
    • Berolah raga secara teratur
    • Bergabung dalam kegiatan-kegiatan yang positif, misalnya ikut klub sepak bola, klub agama, dll.
    Artikel berikut ini juga dapat dibuka: Sisi positif dan negatif masturbasi Semoga berguna, dr.Miranti Iskandar