Tanya Dokter

  • Kadar air pada softlens

  • Dok, saya ingin bertanya. Saya biasa menggunakan kacamata minus dan baru akan menggunakan softlens, tetapi saya masih ragu dg kadar air yg ada pada softlens, berapakah kadar air yg bagus dan diameter berapakah agar nyaman menggunakannya? Terimakasih banyak sebelumnya dok..

    Halo Asti,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. Macam-macam softlens ada banyaj sekali jenisnya. Dan keadaan mata setiap orang berbeda-beda, sehingga kecocokan pemakaian softlens setiap orang berbeda-beda. Karena pemakaian softlens yang tidak tepat dapat menimbulkan efek samping yang tidak baik bagi mata Anda seperti menyebabkan iritasi pada mata,dsb. Oleh karena itu saya sarankan sebelum Anda memakain softlens sebaiknya periksakan kondisi mata Anda ke dokter mata agar dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh.

    Berdasarkan Food and Drugs Administration ( FDA ), kadar air lensa kontak terbagi menjadi 2, yaitu kadar air tinggi ( diatas 50% ) dan kadar air rendah ( dibawah 50 %). Lalu mana yang lebih, baik kadar air tinggi atau rendah? Jawabannya tergantung kondisi mata.  Bila kuantitas dan kualitas air mata Anda tergolong normal, lebih baik menggunakan softlens berkadar air tinggi. Softlens dengan kadar air yang tinggi dapat meneruskan oksigen lebih banyak ke mata.

     

     Tapi bila produksi air mata Anda tergolong sedikit, akan lebih cocok bila menggunakan softlens berkadar air rendah. Softtlens dengan kadar air rendah akan lebih sedikit menyerap air mata sehingga kelembaban tetap terjaga.

    Sedangkan diamter softlens jga tergantung dengan diamter kornea mata Anda. Silahkan periksakan diri Anda ke dokter mata Anda untuk mengetahui jenis softlens yang tepat untuk mata Anda.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar