Tanya Dokter

  • Kadar gula darah tinggi

  •  Enggar Rianto
    Anggota
    Pagi Dok,saya Enggar berusia 18tahun.Kadar gula saya 131 ketika saya cek tadi pagi dok dalam keadaan puasa selama +-9jam.Bagaimana cara menurunkanya dok?Pola hidup+makan yg dirubah atau ada obat yg harus dikonsumsi? Sebelumnya kebiasaan saya itu suka makan agak larut malam dan porsinya bisa sampai 2piring dan setelah makan tidur dok.Trims

    Halo Enggar,

    Terima kasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    .merupakan penyakit metabolik ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh. Diabetes sendiri dibagi menjadi 2 tipe, yaitu :

    DM tipe 1, dimana pankreas tidak memproduksi insulin diakibatkan karena sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel pankreas yag bertanggung jawab dalam pembentukan insulin. Diabetes tipe ini umumnya terjadi pada usai anak-anak atau remaja. Tingginya kadar glukosa darah yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan kerusakan organ. Seseorang dengan DM tipe 1 harus menggunakan bantuan insulin untuk membantu menjaga kadar gula darah mereka.

    DM tipe 2, dimana insulin yang dihasilkan tidak cukup atau sel-sel kurang sensitif terhadap insulin ini sendiri. DM tipe ini biasanya terjadi pada usai diatas 40 tahun. Penanganan awal DM tipe dua ini dapat dengan memperbaiki pola hidup namun tidak menutup kemungkinan nantiya dibutuhkan konsumsi obat-obatan untuk mengendalikan gula darah yang tinggi.

    Faktor resiko yang memungkinkan terjadinya DM tipe 2 adalah :

    • Genetik, riwayat keluarga dengan penyakit DM
    • Usia di atas 4o tahun
    • Berat badan berlebih (obesitas)
    • Tekanan darah tinggi
    • Kurangnya aktivitas fisik

    Gejala khas yang dapat muncul pada penderita DM yaitu berat badan menurun drastis tanpa sebab yang jelas, sering merasa haus, sering buang air kecil terutama pada malam hari dan rasa lapar terus menerus.

    Dalam mendiagnosa DM tidak dapat ditegakkan hanya melalui pemeriksaan kadar gula darah saja, melainkan harus diikuti dengan pemeriksaan secara langsung oleh dokter anda. Pemeriksaan meliputi tanya jawab, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium, karena pemeriksaan ini tidak hanya berhenti pada pengecekan kadar gula darah saja.

    Pola hidup yang dapat anda lakukan adalah :

    • Konsumsi makanan yang bergizi seimbang. Pilih makanan yang mengandung rendah kalori dan sedikit lemak. Makan dengan porsi kecil.
    • Jaga berat badan ideal.
    • Kurangi minuman yang manis, perbanyak air putih minimal 2-3 Liter/hari.
    • Olahraga teratur, setiap minggu.

    Sebaiknya konsultasikan kadar gula darah anda ke dokter, untuk memastikan diagnosa dan memberikan penanganan  yang tepat.

    Baca pula artikel berikut Cara Mendapatkan BB ideal Pria

    Demikian, semoga bermanfaat.