Tanya Dokter

  • kadar oksigen dan volume darah

  • selamat siang

    bagaimana hubungan antara kadar oksigen dalam darah dengan volume darah?

    apakah yang terjadi pada volume darah jika kadar oksigennya rendah/dibawah normal?

    Halo  ivanmuljono123, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Volume darah tidak ada hubungannya dengan kadar oksigen di dalam darah. Darah tersusun dari komponen cairan (plasma darah) yang menyusun 55% dari volume darah dan komponen selular (sel darah merah, sel darah putih, trombosit) yang menyusun 45% dari volume darah. Volume darah ditentukan oleh jumlah komponen cairan dan komponen selular ini (lebih ditentukan oleh komponen cairan).

    Sementara itu kadar oksigen di dalam darah atau yang disebut juga dengan saturasi oksigen ditentukan oleh persentase oksigen yang terikat pada hemoglobin di dalam sel darah merah. Oksigen di dalam darah diikat dan diedarkan ke seluruh tubuh oleh hemoglobin yang merupakan kandungan utama dalam sel darah merah, yang memberikan warna merah pada sel darah merah. Jumlah sel darah merah sendiri tidak menentukan kemampuan hemoglobin dalam mengikat oksigen. 

    Seseorang bisa mengalami anemia (sel darah merah dalam darahnya kurang dari normal) namun saturasi oksigen dalam darahnya normal karena hemoglobin dalam setiap sel darah merah di tubuhnya masih dapat mengikat dan mengedarkan oksigen dengan baik. Sebaliknya juga seseorang bisa mengalami penurunan kadar oksigen dalam darahnya (saturasi oksigennya rendah) tanpa mengalami penurunan jumlah sel darah merah ataupun volume darah.

    Tidak akan ada yang terjadi pada volume darah bila kadar oksigen di bawah normal. Pada kondisi kekurangan oksigen kronis (kekurangan oksigen yang berlangsung lama), dapat terjadi peningkatan jumlah sel darah merah sebagai bentuk kompensasi tubuh untuk meningkatkan jumlah oksigen yang dapat diikat oleh sel darah merah. Hal ini tetap tidak memiliki pengaruh banyak terhadap volume darah karena peningkatan jumlah sel darah merah ini biasanya akan dibarengi dengan penyesuaian jumlah plasma darah, sehingga volume darah cenderung akan tetap normal.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup dapat dimengerti

     

    dr. irna cecilia