Tanya Dokter

  • Penyebab kaki dan tangan lemas pada penderita kolesterol tinggi

  •  fb-gitanayuga
    Anggota

    Assalamualaikum Dok, Dok tangan dan kaki ibu saya lemas dan tidak dapat digerakkan sama sekali, setelah diperiksakan kadar trigliserida dalam darahnya adalah 700. Ibu saya juga menderita kolesterol yang tinggi. Ibu saya sudah mengatur pola hidup yang dianjurkan dokter dan meminum obat obatan yang dianjurkan. Tetapi kenapa lemas kaki dan tangan yang diderita ibu saya tidak kunjung sembuh dok?

    Waalaikumsalam. Lemah dan tidak dapat digerakkan pada kaki dan tangan, perlu pemeriksaan langsung. Dokter akan mengumpulkan informasi secara lengkap, melakukan pemeriksaan fisik, kemudian menambahkan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti pemeriksaan laboratorium. Hipertrigliseridemia, adalah suatu kondisi dimana kadar trigliserida dalam darah meningkat. Hal ini umumnya disebabkan karena diabetes melitus yang tidak terkontrol, obesitas, dan kebiasaan hidup tidak sehat. Biasanya hipertrigliseridemia tidak menimbulkan gejala (asimtomatik), apabila belum mencapai kadar 1000-2000 mg/dl. Gejala yang dapat timbul diantaranya sebagai berikut:

    • Gejala saluran cerna seperti nyeri di epigastrium, dada, punggung, mual, dan muntah
    • Gejala saluran napas seperti sesak napas
    • Gejala kulit, seperti xanthoma
    • Gejala pada mata: arcus kornea, xanthelasma
    Hiperkolesterolemia adalah suatu kondisi dimana terjadi peningkatan kadar kolesterol dalam darah yang melebihi nilai normal. Kolesterol tinggi Pengobatan kolesterol tinggi Penyebab kolesterol tinggi Apabila sudah menjalankan pola hidup sehat, dan menjalankan pengobatan yang dianjurkan dokter namun keluhan belum berkurang, sebaiknya segera kunjungi dokter kembali. Perlu dilakukan evaluasi ulang lanjutan untuk mengetahui penyebab yang mendasari keluhan tersebut. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha