Tanya Dokter

  • Kaitan tremor dengan hipertiroid

  •  -
    Anggota
    malam dok, saya mau tanya. belakangan ini saya merasakan gejala-gejala seperti hipertiroid, dan kemarin jari saya bergetar(seperti tremor) tapi hari ini sdh tidak bergetar. apakah pengobatan hipertiroid dapat memperparah atau malah mengurangi tremor tersebut? mengingat saya akan mendaftar sbg dokter gigi dalam kurun waktu singkat ini dan salah satu syarat adalah tdk boleh ada tremor, apa yang harus saya lakukan dok untuk hal tremor tersebut? terima kasih.

    Hai Agnes.. Terimaksih untuk pertanyaan yang anda berikan.

    Tremor merupakan gerakan berulang yang terjadi diluar kendali kita. Dapat terjadi pada beberapa anggota tubuh, yang tersering ialah tremor pada tangan. Tremor disebabkan karena adanya gangguan pada bagian otak yang mengatur gerakan. Tremor bisa menjadi yang yang ringan tetapi bisa juga menjadi tanda dan gejala dari suatu penyakit. Macam- macam tremor:

    • tremor fisiologis (bisa terjadi saat kelelahan, demam, hipoglikemia, hipertiroidisme)
    • tremor ortostatik (tremor pada tungkai segera setelah berdiri)
    • tremor esensial
    • tremor parkinson (gejala pada penyakit parkinson dan umum terjadi pada usia > 60 tahun)
    • tremor psikogenik
    • tremor cerebellum 

    Hipertirodisme merupakan keadaan dimana hormon tiroksin dalam tubuh meningkat. Tanda dan gejalanya: penurunan berat badan, pembesaran kelenjar tiroid, cemas, emosional, sensitif terhadap suhu panas, berdebar, tremor atau gemetar, ruam pada kulit dll.

    Bila anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang keluhan tremor yang anda rasakan maka anda dapat memeriksakan diri anda kedokter. Perlu diingat bahwa tremor terjadi tidak hanya karena hipertiroidisme tetapi bisa juga karena faktor lain sehingga konsultasikan ke dokter atau dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mengusulkan pemeriksaan USG leher, cek hormon tiroid, atau anda dapat dikonsultasikan ke dokter saraf untuk dilakukan pemeriksaan saraf pada tanganyang tremor. Untuk pengobatan hipertiroid tentunya dapat mengurangi gejala yang muncul pada orang dengan hipertirodisme tetapi obat harus diberikan atas indikasi dari dokter, dengan dosis yang telah ditentukan, dan pengobatan dapat terjadi dalam jangka panjang.

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti