Tanya Dokter

  • Leher kaku hingga ke kepala

  •  yasma
    Anggota

    Selmat malm dok. Dok dri beberpa hari ini, saya sering merasakan kaku d leher sampek ke kepala trs kayak ada urat yg ketarik bergerak dri bagian kpla blakang sampek dahi, trs balik lagi brrgerak kebelakng, sebelum itu saya sering mersa perut kembung pd malam hari. Trs kayak ada gas naik dri perut sampek ke dada bunyi krug2 dan saya agak susah nafas dan saya gk bisa bisa tidur, trs saya duduk langsung sendawa. Kira2 saya knp ya dok.

    By: yasma

    Halo,   Kaku pada leher bisa merupakan pertanda gangguan medis seperti :

    1. cedera otot = postur tubuh yang buruk, trauma dll.
    2. Distonia cervikal
    3. Sakit kepala tegang
    4. kram otot
    5. Meningitis
    6. dll.
    Untuk menentukan penyebab pasti keluhan Anda maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan fisik secara langsung ke dokter. Dokter akan memeriksa dan melakukan tes medis seperti EMG (pemeriksaan otot), rontgen, dll jika perlu. Dengan begitu dokter bisa mengidentifikasi penyebab keluhan Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan yang tepat bisa diberikan. Untuk mengurangi kaku leher, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti:
    1. Kompres dingin pada 2 hari pertama kaku leher, kemudian Anda bisa menggunakan kompres hangat pada hari ketiga.
    2. Pemberian obat oles pereda nyeri seperti ibuuprofen gel mungkin bisa membantu.
    3. Lakukan stretching otot leher.
    4. Istirahat dan beraktivitas dengan postur tubuh yang baik.
    Jika keluhan Anda tidak membaik, atau disertai demam tinggi, mual-muntah dan sensitif terhadap cahaya maka segera hubungi dokter terdekat. Baca topik Kaku leher. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi