Tanya Dokter

  • Kaki kiri bagian belakang nyeri saat diluruskan

  • Dok saya sudah beberapa bulan ini mengalami masalah pada kaki kiri saya. Kaki kiri saya terasa sakit dan nyeri saat di luruskan. Terutama bagian paha belakang, betis, hingga pergelangan kaki belakang rasanya seperti tertarik. Kadang untuk duduk pinggang dan kaki juga terasa sakit seperti tertarik. Saya sering berolahraga volly dan mengikuti dance. Apakah salah dalam pemanasan menjadi penyebabnya?

    Terimakasih.

    Hai, Hal itu tergantung dari gaya pemanasan yang dilakukan. Jika sudah sesuai, maka kemungkinan bukan salah dalam pemanasan. Nyeri pada kaki tersebut diantaranya dapat disebabkan oleh:

    • cedera atau regangan yang berlebihan pada otot kaki, misalnya melakukan aktifitas atau olahraga yang berlebihan
    • radang pada tendon (tendinitis)
    • gangguan persarafan punggung, di mana nyeri dapat dirasakan menjalar hingga ke kaki
    Usahakan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Sebaiknya tidak melakukan olahraga atau aktifitas yang melibatkan penggunaan otot kaki secara berlebihan. Lakukan peregangan atau pemanasan sebelum berolahraga, dan gunakan jenis sepatu yang tepat. Miliki postur tubuh baik yang baik. Jika keluhan masih berlanjut, Anda dapat periksa ke dokter. Adanya pemeriksaan fisik dan tes penunjang yang diperlukan seperti sinar X atau MRI, dapat membantu untuk mengetahui penyebab medis yang terjadi. Sehingga dapat diberikan penanganan yang tepat. Anda dapat membaca halaman Memilih jenis sepatu yang tepat.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto