Tanya Dokter

  • Kaki bengkak namun tidak merasa nyeri

  •  nadiap
    Anggota
    Dok saya habis melakukan perjalanan jauh setelah pulang tiba2 kaki saya bengkak tetapi tidak sakit kenapa ya dok? Dan bagaimana cara penyembuhanyaa?

    Kaki yang bengkak setelah berjalan jauh atau bahkan duduk lama saat perjalanan (misalnya penerbangan jarak jauh) disebabkan oleh darah yang menumpuk pada vena-vena di kaki, tekanan yang meningkat pada vena ini akhirnya menyebabkan cairan berpindah ke jaringan disekitar.

    Untuk mengurangi bengkak, berbaringlah dengan menaikkan kaki lebih tinggi dari posisi jantung (dada) agar gravitasi dapat membantu mengurangi tekanan dan dan cairan kembali ke central tubuh. Biasanya bengkak akan hilang setelah beberapa saat dengan sendirinya. Jangan lupa konsumsi banyak air putih, dan sesekali berpindah posisi untuk mengurangi tekanan pada daerah ekstrimitas.

    Namun apabila kaki yang bengkak hingga mengakibatkan  nyeri hebat, kesemutan, perubahan warna,dsb. Anda harus waspada. Bisa jadi ini tanda-tanda thrombosis, yaitu sumbatan akibat jendalan darah pada vena. Kondisi yang bisa berdampak fatal ini disebut dengan Deep Vein Thrombosis (DVT). Jendalan darah yang pecah dapat terbawa ke bagian tubuh lain, mengakibatkan sumbatan pada pembuluh darah di otak, jantung ataupun paru-paru.

    Orang yang memiliki faktor resiko seperti diabetes, kanker, memiliki riwayat operasi besar  akan lebih mudah mengalami DVT akibat darah yang kental,  kondisi pembuluh darah yang terganggu ataupun karena adanya stasis darah pada bagian tertentu.

    Bila terdapat keluhan seperti yang saya sebutkan diatas, segera periksakan diri ke dokter, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang, misalnya pemeriksaan USG doppler. Pada kondisi DVT, perlu dilakukan terapi untuk mencegah dan menghancurkan jendalan darah yang terbentuk.

    Sekian, semoga bermanfaat

     

    Dr. Siti Rahmayanti