Tanya Dokter

  • Kaki bengkak dan dada terasa sesak saat usia kehamilan 6 bulan

  •  1122novha
    Anggota

    Hallo dok, mau tanya nih , usia kehamilan saya baru mau masuk 6 bulan tapi kaki udah bengkak-bengkak dan kaku banget rasanya , tiap kerja pasti bengkak. padahal kerjaku 9 jam banyak duduknya istirahat 1 jam aja itupun  saya beli makan nya jauh jadi harus jalan kaki agak jauh itu nanti kaki nya malah tambah kaku gitu rasanya dok, terus nanti kalo sudah memasuki pulang kerja sampai rumah itu rasanya capek banget, kdang sampai sesek dadanya  dok, tapi aktifitas debay masih aktif banget tambah aktif malah dok. kira-kira itu berbahaya ndak ya dok ? mohon infonya. Makasih

    Halo 1122novha.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa kaki bengkak pada saat kehamilan adalah hal yang wajar dan normal. Ibu hamil biasanya akan mengalami pembengkakan pada bagian lutut ke bawah.

    Kondisi pembengkakan pada kaki yang dalam bahasa medis disebut sebagai edema ini, dipicu oleh karena ibu hamil mengalami perubahan hormon, dimana pelepasan hormon - hormon ini dapat memicu tubuh menahan lebih banyak cairan dan sodium ( garam ).

    Cobalah atasi edema ini dengan cara : ketika duduk atau tidur === ganjal kaki dengan bantal dengan tujuan memperbaiki sirkulasi darah, lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, hindari duduk atau berdiri terlalu lama, hindari terlalu keras bekerja secara fisik, kurangi makanan yang mengadung garam berlebih / kurangi makanan yang asin - asin.

    Oleh karena bengkak pada kaki Anda sudah disertai dengan gejala sesak pada dada, maka kami sangat menyarankan kepada Anda untuk segera menemui Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Oleh karena bisa saja pembengkakan pada kaki juga sebagai tanda - tanda suatu pre eklampsia atau kondisi serius lainnya.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    EDEMA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati