Tanya Dokter

  • Kaki bengkak dan muncul benjolan merah keras

  •  Mei Susani
    Anggota
    Selamat pagi dokter.. saya mau bertanya..mama saya kakinya bengkak dan muncul merah" yg lama kelamaan jd seperti luka melepuh..saya bawa ke dokter.dokter bilang pembuluh vena na kesumbat jadi bengkak dan muncul merah" ini. Butuh proses untuk sembuh.di berikan obat minum dan obat salep wasir untuk d merah"nya.sebelumnya dokter bilang jgn heran d kasir salep wasir.stlh minum sampai sekarang masih juga merah"nya malah benjol" keras,klo d pegang agak neken skt dan gatal.itu skt apa dan apkah bisa sembuh dokter..bila ke rumah sakit saya harus ke dokter apa? Terimakaih..
    Mei Susani  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    Kaki yang bengkak dan kemerahan hingga muncul luka seperti melepuh mungkin dapat disebabkan karena suatu gangguan pemuluh darah seperti DVT ( deep vein trombosis). DVT sering terjadi pada daerah kaki. DVT merupakan suatu keadaan dimana terjadi penyumbatan pada vena dalam. Hal tersebut menyebabkan aliran darah balik terganggu dan menyebabkan kaki menjadi bengkak, sakit, kemerahan, dan kemudian dapat muncul luka melepuh. Gangguan pembuluh darah biasanya memiliki beberapa faktor resiko seoerti merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol darah tinggi.

    Biasanya jika keadaan ibu anda memang disebabkan karena DVT, maka hal tersebut harus mendapatkan perawatan di rumah sakit, dan memerlukan obat antipembekuan darah yang diberikan di rumah sakit. Selain itu diperlukan obat pengencer darah dan mungkin diperlukan obat antinyeri yang diberikan melalui pembuluh darah. Dan penyembuhan tersebut biasanya memerlukan waktu yang cukup lama.

    Tetapi selain itu, keadaan yang dialami ibu anda dapat juga disbebakan karena penyebab lainnya seperti:

    • Buerger disesase
    • sumbatan arteri daerah kaki
    • diabetes melitus
    • Selulitis

    oleh karena itu, disarankan agar anda memeriksakan ibu anda langsung ke dokter spesialis jantung dan pembuluh darah ( SpJP) sehingga dokter dapat memeriksa keadaan ibu anda secara langsung. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, USG, CT scan jika memang diperlukan.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai DVT

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny