Tanya Dokter

  • Kaki tidak bisa diluruskan

  •  mayooong
    Anggota

    dok , saya ingin bertanya kenapa ya tangan saya tidak sampai jika ingin menyentuh ujung kaki ( posisi berdiri ) , kaki saya terasa sakit jika dipaksakan .

    seperti misalnya duduk selonjoran kaki , kaki betis saya tidak bisa diluruskan menyentuh lantai , jika diluruskan punggung saya tidak lurus . jadi harus menyender ke tembok supaya bisa selonjor kaki lurus .

    itu bagaimana ya dok ? kadang jika dipaksakan kaki seperti bunyi kretek - kretek .

    kira kira penyebabnya apa dok? sebelumnya terimakasih .

    ditunggu jawabannya

    Halo, Anggota ekstremitas yaitu kaki merupakan struktur yang rumit. Struktur tersebut terdiri dari komponen kulit, otot, tulang, pembuluh darah, persarafan, tendon, ligamen, sendi, dan perangkat lainnya. Gangguan pada salah satunya maka akan menyebabkan masalah pada ekstremitas bawah atau kaki. Gangguan pada kaki biasanya dicetuskan oleh adanya trauma saat melakukan gerakan atau olahraga tertentu. Tetapi bisa saja disebabkan oleh hal yang lain. Penyebab umum gangguan yang sering terjadi pada kaki :

    • Trauma pada ligamen
    • Trauma pada kartilago menyebabkan gangguan pada bantalan sendi
    • Trauma pada otot disebabkan oleh regangan atau benturan
    • Trauma pada tempurung lutut
    Untuk mengetahui secara pasti penyebab keluhan yang Anda alami, sebaiknya temui dokter spesialis ortopedik. Dokter akan melakukan anamnesis meliputi sejak kapan keluhan ini mulai muncul, apakah muncul rasa sakit, rasa sakit muncul saat melakukan gerakan apa, apakah ada riwayat trauma, dll. Pemeriksaan fisik juga akan dilakukan, Anda diminta untuk melakukan beberapa gerakan di depan dokter untuk melihat gerakan apa yang mengalami keterbatasan. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti foto XRay bila diperlukan. Penanganan yang diberikan akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. Semoga membantu, dr. Tri

    Maaf dok, tapi kok kurang ngena ya? saya jg punya masalah yg sama