Tanya Dokter

  • Kaki kram dan sulit tidur

  •  Sita Ceria S
    Anggota
    Halo dok,saya mau tanya,bagian kaki saya sering keram, susah untuk tidur,rasanya kaki saya ingin bergerak terus,klo kaki saya tak gerak, terasa pegal,, saya gk bsa tdur,kaki saya gelisah mw gerak teros

    Halo Sita......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi Anda alami kemungkinan mengarah ke yang orang awam sering menyebutnya sebagai sindrom kaki gelisah ( Restless Legs Syndrome / RLS ) atau yang dalam dunia medis disebut sebagai penyakit Willis - Ekbom.

    Penyakit sindrom kaki gelisah merupakan gangguan saraf yang ditandai dengan sensasi tidak menyenangkan, seperti terasa berdenyut-denyut, nyeri akibat tertarik, atau rasa geli. Sensasi ini kemudian tidak terkendali dan kerap diikuti oleh desakan untuk menggerakkan kaki dengan maksud meringankan ketidaknyamanan

    Sebagian besar orang dengan sindrom kaki gelisah kesulitan untuk tidur dengan tenang. Biasanya sensasi kaki gelisah terasa memburuk pada sore dan malam hari. Bila tidak ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan keletihan dan kepenatan di siang hari akibat kurang tidur.

    Penyebab timbulnya penyakit ini belum diketahui dengan pasti, akan tetapi para ahli berpendapat bahwa kondisi ini dapat muncul dipicu oleh faktor : kehamilan, gagal ginjal, diabetes, neuropati perifer, pengkonsumsian obat obatan tertentu yang memicu hal ini, gaya hidup tidak sehat.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara :

    • Kompres kaki dengan air dingin atau air panas, manapun yang membuat Anda nyaman.
    • Pijat kaki untuk membuat untuk lebih rileks.
    • Lakukan rutinitas tidur yang teratur dan cukup.
    • Kelola stress dengan baik.
    • Olahraga rutin sesuai dengan kemampuan.

     

    Apabila setelah Anda melakukan cara - cara diatas kondisi ini masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit saraf atau neurologi terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    RLS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati