Tanya Dokter

  • kaki mudah kesemutan

  • Alodokter, mau tanya...terkadang saat saya duduk bersila terlalu lama atau sedang duduk setengah jongkok sangat mudah kesemutan. apakah ini adalah suatu gejala dari penyakit atau memang ini normal saja.

    Hai,   Kemungkinan kesemutan Anda terjadi akibat posisi sehingga aliran darah menjadi kurang lancar yang bisa menyebabkan kesemutan. Jika kesemutan menghilang dengan perubahan posisi maka belum ada yang perlu dikhawatirkan. Pada penekanan / posisi tertentu dimana aliran darah menjadi tidak lancar biasanya kesemutan terjadi akibat pembendungan ini. Dan akan menghilang dengan sendirinya apabila penekanan / posisi diubah. Untuk menghindari terjadinya kesemutan kembali maka Anda bisa melakukan :

    1. Ganti posisi Anda setiap 15 menit untuk melancarkan aliran darah.
    2. Olahraga
    3. Jaga berat badan ideal.
    Namun jika gejala kesemutan tidak menghilang dengan perubahan posisi atau merambat ke bagian lain mungkin dibutuhkan pemeriksaan langsung tentang kondiai Anda. Beberapa kemungkinan penyebab kesemutan antara lain :
    1. Defisiensi vitamin
    2. Diabetes
    3. Tumor
    4. Stroke
    5. Dll
    Segera periksakan kondisi Anda jika Anda memiliki gejala kesemutan yang tidak berkurang dengan perubahan posisi atau kesemutan meluas dan merambat. Dengan melakukan pemeriksaan terhadap sensasi kesemutan diharapkan gejala tidak akan bertambah buruk. Semoga membantu.     Dr. Yusi