Tanya Dokter

  • Kaki sebelah kiri linu

  •  hasto
    Anggota

    Dear Dokter yth,

    Sudah beberapa bulan kaki sebelah kiri saya dari pantat sampai dengkul seringkali/setiap hari (tidak sepanjang hari)  terasa cenut2/linu. Sudah pernah 2 kali ke dokter dan  hanya  diberi obat anti nyeri . Setelah 2-3 minggu minum obat sakitnya tidak sembuh2 , akhirnya minum obatnya saya stop. Kira2 sakit apa ya dok.  Terimakasih.

    Best regards,

    Suhasto

     

    Halo,   Nyeri pada kaki yang bermula dari arah bokong menjalar ke paha bisa disebabkan karena :

    1. Sindrom piriformis = gangguan otot piriformis akibat proses penuaan, trauma dll menyebabkan nyeri pada bokong menjalar ke paha yang semakin memburuk saat berjalan, hilang dengan istirahat dan disertai rasa kaku pada kaki.
    2. Spinal stenosis = gangguan pada tulang belakang menyebabkan gangguan nyeri pada kaki dan kekakuan.
    3. Iritasi saraf tulang belakang (ischialgia)
    4. Gangguan pleksus saraf pada tulang ekor.
    5. Rematoid artritis.
    6. HNP
    7. dll.
    Untuk mengetahui penyebab dari keluhan nyeri kaki Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter syaraf terdekat. Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan melakukan tes medis seperti USG, EMG, CT SCAN dan MRI jika perlu untuk melihat kondisi kaki Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka Anda bisa mendapatkan pengobatan yang sesuai. Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan : Gerakan stretching ringan khusus untuk otot piriformis.
    1. Olahraga = jalan kaki, berenang. Hindari olahraga yang high impak dan terlalu lama.
    2. istirahat cukup.
    3. Minum obat pereda nyeri jika perlu.
    Semoga membantu.   dr. Yusi

    hasto  85.healthy
    Anggota

    Jawaban Dok. Yusi sangat membantu saya, karena yang dialami bpk. yasto juga dialami oleh saya baru-baru ini. saya kira kolestrol, karena saya search di google banyak yang kira kolestrol, padahal saya tidak ada riwayat penyakit apa-apa dan saat ini saya berusia 30 tahun. Mungkin saya akan menjalankan gerakan-gerakan ringan yang diberikan oleh dokter yusi mudah-mudahan membantu. Dan saya tadinya mau melakukan pijat reflexy karena saya lihat akhir-akhir ini ada kasus chiropractic yang menyebabkan kematian jadi saya pikir 2 x untuk melakukan pijat atau terapi.  

    hasto  Utama Very
    Anggota

    Dear dr. Yusi... Saya juga terkadang merasakan hal yang sama yaitu sakit di kaki sebelah kiri,, namun itu jarang terjadi, dan sekalinya terjadi berlangsung cukup lama hingga sampai 1 minggu,, awalnya saya fikir karna terlalu capai,, dan jika saya istirahat teratur dalam arti tidur malam dan lainnya, sakit pada kaki bener2 bisa hilang bahkan cukup lama nggak muncul lagi,,, apa mungkin karna proses istirahat yg tidak teratur ya dok.,, ? Tapi saat ini terasa kembali jadi mungkin saya akan coba olahraga ringan,,, dan istirahat cukup... Terimakasih dok. Salam Very 26 th.

    hasto  fb-audyaudy1
    Anggota

    Halo dokter.. Nama saya audy, umur saya 17 tahun. Saya duduk dikelas 2 SMK jurusan tata busana. Sudah sebulan saya menjalani magang. Ditempat kerja saya, tiap hari duduk sambil memasang payet baju. Sudah seminggu kaki kiri saya sakit. Berawal dari bagian bokong, awalnya saya tidak terlalu menghiraukan saya fikir itu faktor kurang istirahat dan akan sembuh dengan sebdirinya. Tapi lama kelamaan sakitnya menjalar ke paha. Saya kira ini salah urat akhirnya saya memutuskan untuk pergi pijat. Tapi ternyata sakitnya malah bertambah terkadang sampai ujung tumit. Berdiri/duduk lama pun sakit. Apa yang harus saya lakukan sekarang dok? Mohon bantuannya. Terimakasih.