Tanya Dokter

  • kaki kanan sering kesemutan

  •  Yuli Herlina
    Anggota

    Dok mau tanya, suami sy suka kesemutan pd kaki sebelah kanannya untuk info saja suami sy kadar cholesterolnya 251 mg/dl dan asam uratnya 5,0 mg/dl . Apakah penyebab kaki kesemutan suami sy dari cholesterolnya atau dari asam uratnya. Mohon penjelasannya.

    Hai,   Kesemutan adalah sensasi yang sering terjadi terutama pada daerah kaki, hal ini dianggap normal jika kesemutan timbul akibat posisi/ tekanan pada saraf terjadi pada waktu lama seperti misalnya saat bersila, jongkok, menyilangkan kaki terlalu lama dan akan menghilang bila tekanan tersebut dihilangkan. Namun kesemutan juga bisa menjadi indikasi bahwa terdapat sesuatu yang abnormal pada tubuh. Beberapa penyebab kesemutan adalah :

    1. Diabetes = diabetes merusak pembuluh darah kecil yang memasok energi kepada saraf, sehingga hal ini dapat menyebabkan kesemutan.
    2. Saraf kejepit
    3. Malnutrisi
    4. kekurangan vitamin B
    5. Multiple sclerosis
    6. Penyakit arteri perifer = penyumbatan pembuluh darah perifer akibat lemak / kolesterol(plak) yang menempel sehingga mengganggu aliran darah dan menyebabkan saraf kekurangan oksigen dan menimbulkan kesemutan.
    7. Alkohol
    8. Efek samping obat
    9. Infeksi virus
    10. Kondisi lain seperti stroke (transient ischemic attack), tumor otak dll.
    Untuk mengetahui penyebab pasti keluhan suami Anda maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter saraf terdekat. Dokter akan memeriksa kondisi keluhan dan pemeriksaan lain yang perlu seperti tes darah, CT SCAN,dll. Untuk menangani kesemutan , Anda dapat melakukan beberapa langkah seperti :
    1. Menggunakan baju/ celana yang longgar.
    2. Kendalikan diabetes
    3. Gunakan sepatu yang sedikit longgar
    4. Hindari cedera saraf tulang belakang dengan melakukan postur tubuh yang baik saat mengangkat barang / duduk.
    5. Makan gizi seimbang
    6. Kendalikan kolesterol
    Semoga membantu.   dr. Yusi