Tanya Dokter

  • Kaki terusuk besi penyanggah obat nyamuk

  •  Ranisa11
    Anggota
    Selamat malam dok. Berapa hari yang lalu kaki saya tidak sengaja tertusuk besi penyanggah obat nyamuk. Saya kemudian mencuci luka dan menekan luka sampai darahnya berhenti mengalir. Kemudian saya balutkan dengan obat tradisional minyak batu.perlahan lukanya mulai mengering, namun td siamg sy tdk sengaja menginjak kerikil hinnga mengenai luka. Luka saya saat ini sudah menutup namun agak sakit dan sedikit bengkak dan didalamnya ada nanah. Sy sdh minum paracetamol dan ampicilin. Mohon petunjuknya dok. Terimakasih

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Apabila tertusuk besi, apalagi jika besi tersebut berkarat ada beberapa resiko yang dapat terjadi :

    -Nyeri di daerah yang luka

    -Perdarahan dan kerusakan jaringan di daerah luka

    -Infeksi di derah luka : Ditandai luka tampak merah, hangat bila diraba, bengkak, timbul nanah pada luka

    -Tetanus : infeksi oleh bakteri micobacterium tuberculosis. Bakteri ini menghasilkan racun (toksin) yang akan menyerang sistem saraf penderita dan menyebabkan kaku otot hingga kejang berulang, bahkan dapat mengancam nyawa penderita.

     

    Saya sarankan anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penangan luka dan pencegahan tetanus. Penanganan terhadap luka dengan resiko tetanus lebih baik dilakukan SEGERA SETELAH TERPAPAR LUKA, dilakukan di fasilitas kesehatan meliputi :

    -Perawatan luka secara STERIL dan luka akan dibuka/disayat lebih lebar dengan pisau steril dengan tujuan mencegah perkembangan kuman tetanus yang bersifat tidak tahan dengan paparan udara terbuka (anaerob).

    -Pemberian kekebalan aktif yaitu Imunisasi TT, diberikan pada pasien dengan riwayat imunisasi yang tidak jelas, terakhir diberikan booster imunisasi lebih dari 5 tahun yang lalu

     Imunisasi TT diberikan dengan suntikan dosis sebanyak 0,5 cc , diberikan 1 x sebulan selama 3 bulan berturut – turut.

    -Pemberian kekebalan pasif yaitu ATS (Anti Tetanus Serum), yang merupakan serum yang diekstrak dari hewan.  Pemberian imunisasi pasif umumnya tidak lebih dari 12 jam setelah timbulnya luka tergantung dari sifat luka, kondisi penderita, dan status imunisasi.

    Setelah itu dokter kemungkinan akan memberikan obat pulang berupa obat anti nyeri dan obat antibiotik. Mengkonsumsi obat antibiotik harus sampai habis sesuai instruksi dokter untuk mencegah timbulnya resistensi terhadap antibiotik.

     

    Berikut artikel TETANUS

     

    Semoga membantu

    Salam, dr. Natalia