Tanya Dokter

  • Penyebab kaki tiba-tiba lemas dan kepala pusing berputar

  •  Aradev
    Anggota
    Hallo dokter selamat malam. Saya umur 20 tahun. Dok saya merasakan lemas dibagian kaki (mulai dari betis) setelah bangun tidur tadi pagi sampai sekarang. Sebelumnya saya tidak pernah merasakan seperti ini. Dan sudah 1 bulan saya juga merasakan kepala kliyengan dan lemas. Kadang disertai demam dan kadang pula mual disertai muntah (jarang). Pandangan juga kurang fokus. Sebetulnya penyakit apa yang sedang saya derita dan bagaimana cara penanganan yang tepat agar segera pulih kembali. Sekian dan terimakasih

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Keluhan yang Anda sampaikan, kemungkinan dapat disebabkan oleh banyak hal yang mungkin saling berkaitan. Beberapa kemungkinan tersebut adalah:

    1. Tekanan darah rendah yang lebih dikenal dengan hipotensi yaitu suatu kondisi dimana tekanan darah arteri lebih rendah dari normalnya. Hipotensi ini merujuk pada tekanan darah dibawah 90/60 dengan keluhan fisik yang menyertai seperti pusing atau lemas
    2. Anemia atau kurangnya sel darah merah yang membawa zat makanan bagi sel diseluruh tubuh. Bila seseorang mengalami kondisi ini, kemungkinan besar akan terjadi keluhan berupa lemah, letih, lesu, kurang konsentrasi, atau tidak dapat melakukan aktivitas fisik secara optimal. Penyebab dari anemia ini cukup banyak seperti adanya infeksi kronis atau dalam jangka lama seperti tuberkulosis, adanya perdarahan lama seperti riwayat ulkus peptikum, atau status gizi yang buruk (kurangnya asupan asam folat dan zat besi)
    3. Kurangnya olahraga juga dapat menyebabkan suatu rasa lemas pada tubuh
    4. Kurangnya asupan cairan yang menyebabkan dehidrasi juga dapat membuat tubuh lemas
    5. Efek samping obat-obatan seperti steroid, antidepresi, antihistamin, obat tekanan darah, atau kemoterapi

    Keluhan tubuh lemas ini juga dapat menyebabkan gangguan penglihatan menjadi buram atau sesak nafas.

    Untuk mengetahui penyebabnya lebih pasti, sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter secara langsung dan mungkin dokter akan menyarankan utnuk melakukan pemeriksaan laboratorium darah utnuk menyingkirkan kemungkinan adanya anemia pada diri Anda sebagai penyebab dari rasa lemas yang Anda rasakan.

    Beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah:

    1. Istirahat yang cukup terutama pada malam hari
    2. Hindari stress
    3. Makan secara teratur dan konsumsi makanan yang bergizi
    4. Olahraga secara rutin untuk meningkatkan daya tahan tubuh
    5. Cukupi kebutuhan air setidaknya 2 liter dalam sehari

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati