Tanya Dokter

  • Anak sering dapat serangan vertigo

  •  Bubunya Berta
    Anggota

    Anak saya umur 6 tahun sering mendapat serangan vertigo. Biasanya badannya akan panas/demam. Tapi kadang kala tanpa serangan demam. Bangun tidur dia akan mengeluh sakit kepala/pusing d bag tengah kepalanya. Tidak mau membuka matanya,krn katanya semuanya berputar,kalo saya paksa,biasanya Lgsg akan muntah2. Kalo sdh gini,biasanya saya cuma kasih obat berbasis domperidone dan parasetamol sbg penanggulangannya. Pertanyaan saya,patut kah anak saya mendapat terapi khusus? Krn kejadiannya tdk sekali dua kali. Oh ya kadang sebelum timbul gejala suka di mulai dgn pendarahan pd hidung/mimisan. Apakah perlu anak sy mengadakan pemeriksaan MRI dan CT scan? Apakah obat2 seperti merislon bs di konsumsi oleh anak dgn perhitungan dosis utk anak tentunya?

    Hai Bubunya, Vertigo merupakan keadaan dimana sekeliling atau diri sendiri terasa berputar. Pada umumnya vertigo merupakan hal yang tidak terlalu serius namun dalam beberapa kasus ada vertigo yang menuntut terapi yang serius karena sudah disertai dengan gejala-gejala yang berat dan penyebabnya lebih serius. Vertigo dapat disebabkan oleh 2 hal:

    • Vertigo perifer merupakan vertigo yang disebabkan oleh kelainan atau masalah pada sistem keseimbangan di telinga seperti migrain, vestibular neuritis, BPPV, dan sindrom meniere. Vertigo perifer biasany amemiliki gejala yang lebih berat selain pusinhg dapat dirasakan juga gejala lain seperti mual, muntah, demam tinggi, telinga berdengung, dan kehilangan pendengaran.
    • Vertigo sentral merupakan vertigo yang disebabkan oleh suatu kelainan yang terjadi di otak baik itu di otak yaitu di serebelum dan di batang otak. Penyebab vertigo sentral meliputi migrain, mutiple sklerosis, obat-obatan dan tumor otak. Gejala yang dialami biasanya akan lebih ringan namun jika semakin parah dapat menyebabkan gejala yang lebih parah namun akan timbul pada saat stadium yang sudah berat. Gejala penyerta biasanya seperti kejang-kejang, mimisan, pusing yang sangat parah, kesu;itan untuk berbicara, dll.
    Tidak menutup kemungkinan mimisan yang dialami oleh anak anda disebabkan oleh hal lain seperti proses buang ingus yang terlalu kencang, Udara terlalu kering dan dingin, tumor rongga hidung, penyakit kelainan pada pembekuan darah, dll Untuk memastikan keadaan anak anda sebaiknya anda mengunjungi dokter anak agar dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti CT Scan, MRI atau EEG untuk melihat dengan jelas penyebab dari vertigo yang dialami anak anda. Dengan begitu dapat diberikan pengobatan yang sesuai. Anda sebaiknya tidak terlalu lama membiarkan anak anda mengkonsumsi obat yang hanya anda ketahui tanpa berkonsultasi dengan dokter, karena obat-obatan yang diberikan kepada anak harus dipertimbangkan tentang efek samping dari obat-obatan tersebut. Anda daapt melakukan tips dibawah ini:
    • Mengistirahatkan anak anda jika sedang pusing dan jangan melakukan kegiatan apapun
    • Anak anda harus istirahat minimal 10 jam dalam satu hari
    • Konsumsi air mineral yang banyak
    • Konsumsi makanan yang bernutrisi dan bervitamin tinggi
    And daapt membaca artikel di bawah ini: Vertigo Mimisan Semoga membantu dr. Yosephine U L Simanungkalit