Tanya Dokter

  • Terlanjur memberikan MPASI sebelum 6 bulan, bagaimana penanganannya?

  •  Dhea S Rana
    Anggota

    Hi Dokter, apabila sudah memberikan MPASI sebelum usia anak 6 bulan, (misal 4 bulan) dan baru jalan seminggu memberi makan, apakah harus langsung hentikan memberi makan? karena saya pernah mendengar ada ibu lain yang langsung hentikan, kemudian anaknya jadi ngga mau makan saat besar.

    mohon pencerahannya ya bapak/ibu dokter tumbuh kembang anak, yang saya hormati.

    terima kasih.

    Halo Dhea....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa sebaiknya hindari memberikan makanan padat atau minuman selain ASI sebelum bayi memasuki usia 6 bulan. Pada usia sebelum 6 bulan bayi lebih berisiko mengalami alergi terhadap makanan. Ciri - ciri umum bayi telah siap diberikan MPASI jika mempunyai satu atau dua tanda - tanda berikut ini : mulai dapat meraih makanan dan memasukkannya ke mulut, dapat duduk sendiri tanpa bantuan dengan kepala telah tersangga oleh tubuh dengan baik, bayi tertarik kepada makanan yang ANda konsumsi, dapat menelan makanan. Penyataan yang Anda utarakan sebelumnya tidaklah benar. Kami menyarankan kepada Anda untuk menghentikan memberikan MPASI pada bayi sekarang juga, dan teruskanlah memberikan ASI sampai bayi Anda berusia 6 bulan. Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. jati

    Dhea S Rana  Hanasuke Muy
    Anggota

    dok..anak saya sudah 6bulan 3minggu..sudah saya beri MPASI selma 3minggu. tapi kemarin baru saja anak saya sakit muntah2 dan diare..tp sudah minum obat dan tidak muntah lagi. tetapi sekarang anak saya tidak mau makan,seperti trauma dengan obat,diberi makan malah tidak mau dan kadang malah muntah ..bagaimana dokter solusinya?apa saya harus memberinya ASI saja.?