Tanya Dokter

  • Hasil usg payudara

  • Dok. Mau nanya hasil USG istri saya Kesan:Multiple small tumors dgn diameter terbesar 6.7 mm di peripheral upper outer quadrant mammae BIRADS 3. dan penjelasan lain nya ~ multiple small tumors dgn diameter terbesar 6.7mm di peripheral jam 2 mamae sinistra BIRADS 3 Mammae dextra bersih kedua axilla baik tidak tampak lymphadenopathy. Tolong penjelasan nya Dok. Terima kasih

    Halo Iwan, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Payudara merupakan salah satu organ penting untuk wanita terutama fungsi menyusui. Kanker payudara merupakan penyakit yang angka kejadiannya masih sangat tinggi, dan merupakan jenis kanker terbesar untuk kaum wanita. Beberapa hal dapat dilakukan untuk mencegah atau melakukan pemeriksaan dini terhadap organ ini. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan USG payudara. 

    Pada hasil pemeriksaan USG payudara istri Anda disebutkan adanya multiple small tumor pada peripheral upper oter quadrant mammae BIRADS 3 sinistra yaitu adanya tumor  berjumlah lebih dari satu pada payudara kiri yang letaknya pada kuadran atas sebelah luar pada arah jam 2 dan tumor yang paling besar berukuran 6,7 mm. Pada payudara kanan tidak tampak tumor. Kedua axilla baik tidak tampak lymphadenopathy yaitu kedua ketiak tampak baik yang ditandai dengan tidak adanya pembesaran kelenjar getah bening. Adanya pembesaran kelenjar getah bening merupakan kondisi adanya suatau tumor yang kearah ganas dan terdapat penyebaran pada daerah kelenjar getah bening di ketiak. 

    Adanya keterangan BIRADS merupakan kependekan dari Breast Imaging Reporting and Data System dimana merupaka pemeriksaan terhadap kondisi atau resiko dari tumor atau benjolan yang diukur dari pemeriksaan radiologi dalam hal ini USG Payudara. Dimana BIRADS 3 menunjukkan kemungkinan jinak dan disarankan untuk kembali melakukan pemeriksaan kontrol berikutnya. Hasil pemeriksaan jenis apapun sangat penting disesuikan dengan kondisi pasien, yaitu keluhan yang dirasakan. Untuk itu disarankan untuk Anda kembali ke dokter yang sudah menyarankan dilakukannya pemeriksaan tersebut. Dengan demikian konsultasi yang dilakukan secara langsung terhidar dari asumsi dan pemikirkan yang tidak sesuai. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

     

     

     

    Salam, dr. Tiwi