Tanya Dokter

  • penanganan kanker paru-paru

  •  fb-cahyarizqi
    Anggota

    Dok. Papa sya skrng sdang skit. Gejala skitnya baru d kEtahui ktika pnYakitnya sdah parah. Dokter mnyatakn ada kankEr d Paru2 yg mngakibatkan mnumpukan cairan dlm paru2. Stlah dlkukan pmriksaan lg trnYata kanker sdah mnyebar pd livernYa. Dn Bbrapa hri kmudian kanker sdah d Tmukan lg pd gInjalnYa dok. Yg drsakan yaitu nyeri d punggung saat mlam hri, sesak nafas,susah tdur, nfsu mkn kurang, brat bdan trun. Tpi stlah dokter mlkukan pngambilan cairan d paru2 sbelahnya papa sdikit enak. Itulah sdikit kisah yg sya critkn. Yg ingin sya tnyakan apa bisa dsmbuhkn lg dok. Tndakn apa yg hrus sya lkukan. Apa ada obat tradisional yg bsa sya lkukan. Tlong infonya dok. Ini e.mail sya yg bsa d hubngi "cahyarizqi771@yahoo.com"

    Halo Kanker paru-paru stadium lanjut memang menimbulkan keluhan yang cukup berat bagi penderita. Sel-sel kankernya tidak hanya ada di paru tapi dapat menyebar ke tempat lain seperti hati dan ginjal pada stadium lanjut ini. Jika telah menyebar maka pilihan terapi yang tersisa biasanya melalui kemoterapi. Terapi ini lebih bersifat paliatif, artinya hanya dapat mengurangi sebagian penyakit yang ada namun sulit untuk menghilangkan sel kankernya secara sempurna. Penting untuk ditekankan kembali bahwa pengobatan kanker tidak dapat dengan obat tradisional, tapi harus dengan dokter dengan pengobatan yang telah terstandar secara penelitian medis. Tidak ada pengobatan tradisional yang secara efektif membunuh sel kanker. Kalaupun pasien merasa mendingan biasanya itu hanya karena efek mengobati gejala secara sementara, tapi tidak dapat membunuh sel kanker penyebab gejala itu sendiri. Beberapa tips yang saat ini dapat Anda lakukan terhadap ayah Anda :

    • Pastikan pasien menjalani pengobatan kanker secara disiplin dan teratur dengan dokter spesialis penyakit dalam.
    • Jaga asupan nutrisi agar daya tahan tubuh tetap kuat dalam melawan penyakit.
    • Yang terpenting: tetap berikan support terbaik kepada pasien karena dukungan moril dari keluarga terdekat akan membuat pasien semangat dalam berjuang melawan penyakitnya.
    Semoga bermanfaat dr. Muhammad Fadhil