Tanya Dokter

  • Penyebab sakit pinggang berkepanjangan

  •  andi212
    Anggota

    Dok,,apa mungkin jika dalam jangka  waktu 2 tahun didalam tubuh seseorang bisa dipastikan jelas keliatan oleh mata,,atau pasti ada gejala yg jelas klo uda 2 tahun?? 

    soalnya keluhan saya selama 2 tahun belakangan ini ,sering sakit di pinggang sebelah kanan bawah,nyerinya kayak ketusuk2 duri gitu..dan kadang hilang,kadang timbul gitu  .. sudah di rontgen selama 2 tahun ini 3 x rontgen ..tapi nga nampak2 apa2 .. dan selama 2 tahun ini saya mengalami penurunan badan yg drastis dari biasa 72 kg skg tinggal 58 kg..padahal saya makan banyak,jarang olaharga,tetapi berat badan ngak naik2..

    klok emng saya terkena kanker di pinggang bawah kanan itu,,kenapa selama 2 tahun ini ngak ada nampak  Benjolan ya? saya jadi takut dok,,,apa emng ini yg menyebabkan selama 2 tahun ini menjadi sering lemas dan turun badan drastis?

    soalnya saya uda pernah juga cek USG perut sampe 3x dan photo torax walapuan saya jarang batuk  dan cek darah lengkap dan glukosa,,semuanya Normal 

    mungkinkah sakit pinggang sebelah kanan ini yg sebabkan saya selalu lemas dan turun berat badan drastis gini dok... awal yg sangat jelas itu kira2 sekitar 4 bulanan inilah dok terasa kali perununan drastis badan saya dan lemas2 terus..tapi selalu cek darah lengkap selalu Normal hasilnya

    Mohon petunjuk.. dan klok bisa jawabanya jangan menjelaskan arti dari Kanker itu,biar padat dan saya lebih mengeti apa sih sebenarnya sakit saya ini dok?

     

     

    Halo

    Terima kasih telah berkonsultasi dengan Alodokter.com. Saya mengerti keluhan Anda ini sangat membuat khawatir karena belum diketahui secara pasti penyebabnya.

    Berat badan turun drastis termasuk keluhan yang musti mendapatkan perhatian khusus. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari yang ringan hingga berat. Salah satu yang dikhawatirkan adalah keganasan dimana pada penyakit ini memang sering ditandai dengan penurunan berat badan drastis. Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua keganasan dapat dilihat secara langsung dari luar. Kasus keganasan dalam organ tubuh memerlukan pemeriksaan tambahan untuk memastikannya, seperti rontgen, USG, dan CT scan. Apabila dari hasil pemeriksaan-pemeriksaan tersebut menurut dokter tidak ada tanda-tanda keganasan maka perlu ditelusuri kembali penyebab lainnya.

    Berikut beberapa penyebab penurunan berat badan drastis lainnya:

    • Infeksi Tuberkulosis
    • Penyakit Diabetes
    • Penyakit Hipertiroid (kelenjar gondok terlalu aktif) atau Hipotiroid (penurunan fungsi kelenjar gondok)
    • Penyakit Addison (ganggua kelenjar adrenal)
    • Penyakit celiac dimana terjadi radang pada saluran cerna akibat reaksi negatif makanan yang mengandung protein gluten (gandum, dll)
    • Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), terutama pada usia lanjut dengan riwayat perokok
    • HIV
    • Tukak lambung
    • Stres psikis

    Ada tidaknya pengaruh sakit pinggang dengan penurunan berat badan Anda tidak bisa dipastikan tanpa pemeriksaan langsung dokter, sebab sakit pinggang yang ada bisa saja karena masalah otot. Sangat disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter umum terlebih dahulu. Jika memang perlu dirujuk ke dokter spesialis maka dokter akan merujuk ke spesialis yang terkait dengan temuannya pada pemeriksaan langsung, bisa ke dokter spesialis penyakit dalam, bedah umum, bedah digestif, urologist, atau dokter psikiater. Untuk sementara ini janganlah keluhan ini membuat Anda terlalu stres. Tetap jaga pasokan nutrisi sehat secara teratur dan istirahatlah yang cukup.

    Semoga bermanfaat

    dr. Muhammad Fadhil