Tanya Dokter

  • Penggunaan obat herbal pada penderita kanker payudara

  • Salam sehat dan sejahtera untuk semua. Dok saya mau tanya, saya mempunyai saudara yg setelah uji lab dari pengambilan kelenjar divonis dokter kena kanker ganas payudara. Pertanyaan saya, apakah besar untuk kesembuhan nya jika pengobatan dengan kemo dan apakah pemakaian obat China atau herbal atau tradisional aman jika dibarengi dg obat dari dokter? Dan apakah ada tips dan saran untuk pengobatan atau makanan yang dapat membunuh sel kanker tersebut. Terimakasih Dok, salam Hangat

    Halo,

    Sebelumnya saat ini stadium berapakah kanker payudara yang dialami oleh saudara Anda?

    Seseorang dikatakan mengalami kanker payudara ketika sel-sel pada area payudara mengalami kerusakan tapi terus membelah diri menghasilkan sel-sel tidak normal hingga membentuk tumor.

    Kanker payudara sendiri memiliki beberapa stadium yang menentukan  penyembuhannya. Penyembuhan pada kanker payudara harus didahului dengan diagnosa yang lengkap dan akurat termasuk dengan penetapan stadium dari kanker itu sendiri. Penentuan stadium ditentukan oleh seberapa parah penyebaran sel kanker dan ukuran tumor yang ada pada payudara.

    Semakin awal kanker diketahui dan semakin rendah stadiumnya, maka angka kesembuhannya akan semakin tinggi. Berikut artikel yang dapat Anda baca mengenai pengobatan kanker payudara stadium 2, misalnya.

    Sementara untuk obat herbal, hingga saat ini penggunaan obat herbal hanyalah sebagai terapi pendukung, bukan terapi utama dalam penanganan kanker payudara. Khasiat dari penggunaan obat herbal tertentu juga perlu dipelajari lebih lanjut apakah sudah teruji secara ilmiah atau tidak.

    Sedangkan untuk penanganan secara medis, pengobatan dari kanker payudara adalah dengan metode pembedahan, kemoterapi atau radiasi dan pemilihan metode ini juga disesuaikan dengan stadium dari kanker payudara yang dialami.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra