Tanya Dokter

  • Benjolan kecil di kulit seperti tahi lalat

  •  Ifamthia
    Anggota
    Hallo dok, saya mau tanya. Akhir2 ini saya perhatikan di tangan kiri saya terdapat benjolan kecil seperti bentol dengan warna hitam seperti tahi lalat di bagian tengahnya. Bila dipencet/digaruk tidak terasa sakit. Apakah ini termasuk melanoma dok?

    Hallo Ifamthia, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Tahi lalat merupakan bintik kecil berwarna cokelat atau agak kehitaman di atas permukaan kulit yang terbentuk dari pengelompokan sel-sel penghasil zat warna kulit yang bernama melanosit. Bentuknya tahi lalat sangatlah beraneka ragam, dapat berbentuk bulat, oval, menonjol, atau datar. Tekstur permukaan nya pun bervariasi, ada yang halus atau kasar, bahkan beberapa di antaranya ada yang ditumbuhi bulu.

    Tahi lalat ada yang termasuk kedalam tahi lalat yang berbahaya ada pula yang termasuk kedalam tahi lalat yang tidak berbahaya. Tahi lalat berbahaya adalah tahi lalat yang menjadi gejala dari jenis kanker kulit ganas bernama melanoma. Penampilan tahi lalat melanoma ini berbeda dengan tahi lalat normal, yaitu :

    • Tahi lalat melanoma memiliki tepian kasar dan tidak rata,
    • Berbentuk tidak simetris, terdiri dari campuran dua atau tiga warna atau lebih,
    • Berdiameter lebih besar (melebihi 6 mm).
    • Tahi lalat sejenis ini akan terasa gatal dan kadang-kadang mengeluarkan darah.

    Yang kemudian menjadi pertanyaan saya, adakah tanda - tanda tahi lalat melanoma seperti yang telah dijabarkan diatas pada diri anda ?

    Untuk dapat menentukan tahi lalat yang anda miliki tersebut merupakan tahi lalat normal atau tahi lalat berbahaya, diperlukan penggalian lebih  mendalam lagi mengenai kondisi yang anda alami, selain itu diperlukan juga pemeriksaan fisik secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan jaringan tahi lalat dibawah mikroskop atau biopsi untuk dapat menegakkan diagnosis pasti tahi lalat yang anda miliki. Oleh karena itu, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan anda ini ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

    Semoga informasi ini bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina