Tanya Dokter

  • Gejala kanker otak

  • assalamualaikum wrwb dok.

    dok, akhir-akhir ini saya sering merasakan sakit kepala, keram bagian kepala dan mata terasa lelah dok, sehingga penglihatan saya agak tergangu, terkadang juga ketika mengalami sakit kepala (keram), saya merasakan sakit pada bagian belakang tepanya bagian tulang belakang dok.

    sakit kepala yang biasa saya alami sudah lama dok, sejak saya masih SMP, namun akhir-akhir ini frekuensi sakitnya mulai cepat dok, bahkan tiap saat selalu terserang sakit kepala dok, hanya beberapa menit saja belajar atau membaca terkadang rasa sakit dikepala itu datang dok..

    apakah ini ciri-ciri dari kanker otak.. mohon kejelasannya dok..?? terima kasih...

    Halo, Gejala-gejala yang Anda paparkan belum tentu disebabkan kanker otak. Untuk memastikan penyebabnya, Anda perlu menjalani pemeriksaan langsung ke dokter dan menjalani pemeriksaan tambahan seperti tes membaca (snellen chart), tes darah dan CT scan/ MRI jika ada indikasi. Keterangan mengenai keluhan yang perlu diketahui adalah apakah gejala sakit kepala dan penglihatan terganggu tersebut hanya muncul pada saat Anda membaca, dan saat tidak membaca akan berkurang. Jika iya, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan kaca mata. Jika Anda sudah berkaca mata, Anda dapat menjalani pemeriksaan kaca mata ulang. Keadaan-keadaan lain yang dapat menyebabkan sakit kepala adalah: sakit kepala tegang, migrain, sakit kepala klaster, penyakit yang mendasarinya seperti infeksi gigi, sinusitis, infeksi telinga dan tumor otak. Tumor otak dapat bersifat jinak maupun ganas (kanker). Gejala  tumor otak kadang-kadang tidak jelas dan bergantung pada bagian otak mana yang terkena. Gejala yang dapat timbul pada tumor otak:

    • nyeri kepala
    • sulit bicara, sulit konsentrasi
    • kelelahan berlebihan
    • muntah, kejang
    • pandangan kabur, dll
    Artikel ini dapat dibaca: Sakit kepala Kanker otak Semoga bermanfaat ya, dr.Miranti Iskandar