Tanya Dokter

  • Pengobatan kanker stadium 1

  • dok..saya mau tanya mengenai kanker oak stadium 1 bagaiman cara penanggulangan penyakit ini dimna sering terjadi gejala mual,kurang penglihatan dan oyong...   dan satu lgi dok apa benar penyakit ini dapat terjadi karena berawal dari mata minus?jenis penyakit ini ganas atau jinak dok   trims

    Halo,   Tumor otak merupakan hasil dari pertumbuhan sel otak yang abnormal, bukan merupakan efek dari mata minus ( rabun dekat ). Namun gejala tumor otak bisa bermanifestasi sebagai mata minus pada awal gejala yang biasanya memburuk dengan cepat (dalam hitungan minggu - bulan). Gejala tumor otak akan ditentukan dari seberapa besar tumornya, lokasinya dan keparahan dari tumor ini. Kanker otak adalah tumor otak yang bertumbuh sangat cepat dan menyebar (metastase) dalam jaringan otak dan jaringan sekitarnya seperti tulang belakang dll. Beberapa gejala dari tumor / kanker otak yang umumnya dikeluhkan antara lain :

    1. Sakit kepala disertai mual -muntah yang semakin bertambah intensitasnya setiap kambuh.
    2. Pusing berputar yang semakin parah.
    3. Gangguan penglihatan (jika tumor berada pada dekat pusat penglihatan) yang biasanya memburuk dengan cepat tergantung dari jenis tumor dan lokasi serta ukuran.
    4. Kejang.
    5. Gangguan fungsi otak lain seperti gangguan berbicara, gangguan kepribadian dll.
    Untuk mengetahui adanya tumor otak maka pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah pemeriksaan CT SCAN dan MRI otak / kepala. Dengan pemeriksaan ini dapat diketahui lokasi, ukuran  dan kemungkinan adanya keganasan / tidak. Penanganan tumor otak pada dasarnya adalah :
    • Operasi pengangkatan tumor otak primer. = Metode operasi yang dilakukan akan disesuaikan dengan ukuran, dan lokasi tumor. Pada beberapa kasus dimana tumor berada pada lokasi yang sulit dijangkau untuk operasi dokter mungkin akan menyarankan tindakan operasi dengan pemotongan sinar laser yang biasa dilakukan oleh dokter bedah saraf.
     
    • Kemoterapi atau Radioterapi ( atau kombinasi keduanya ) = jika metode operasi tidak bisa dilakukan maka tindakan kemo dan radioterapi akan dilakukan untuk mengurangi ukuran dari kanker otak. Selain itu metode ini juga dilakukan pada tumor ganas otak sebagai pengobatan lanjutan pasca operasi pengangkatan tumor untuk membunuh sisa sisa sel kanker.
    Segera periksakan kondisi Anda dan tanyakan secara mendetil mengenai kondisi Anda, jika benar bahwa tumor di otak Anda bersifat ganas (kanker) maka penanganan sebaiknya tidak ditunda terlalu lama agar pengobatan yang dilakukan bisa maksimal dan bisa sembuh dengan baik karena masih berada pada stadium 1 dimana tingkat kesembuhan cukup tinggi. Baca artikel Tumor -Kanker otak. Semoga membantu dan lekas sembuh.   dr. Yusi