Tanya Dokter

  • Apa ada harapan sembuh buat kanker otak stadium akhir?

  •  Luthfi
    Anggota

    Dok, saya punya saudara cewek, dia kena kanker otak stadium ahir... dia difonis cuma bisa bertahan 6 bulan lagi... apakah masih ada harapan buat sembuh dok??

    Luthfi  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Luthfi, Saya turut prihatin terhadap kondisi saudara perempuan Anda. Terdapat berbagai jenis kanker otak dan masing-masing memiliki tingkat keganasan dan penanganan yang berbeda. Secara umum, pilihan terapi pada kanker otak meliputi : pembedahan, radioterapi,kemoterapi, dan radiosurgery.  Pada kanker yang dinilai bukanlah angka kesembuhan, tetapi angka ketahanan hidup yang umumnya dinilai per tahun atau per lima tahun. Kanker otak stadium akhir memiliki prognosis (ramalan perjalanan penyakit) yang buruk. Biasanya pada pasien-pasien ini, tujuan pengobatan bukanlah kuratif/ menyembuhkan, tetapi lebih ke arah paliatif/ meringankan keluhan/ penderitaan pasien (bukan menyembuhkan). Perawatan diberikan untuk meningkatkan kualitas hidup di sisa waktu yang ada, misalnya pemberian antikejang, antinyeri, antimual, dll Berikut beberapa tautan untuk infermasi lebih lengkap : diskusi kanker otak, kanker otak, dan tumor otak Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga membantu dan bermanfaat dr. Rico Novyanto

    Luthfi  Ady Fivers II
    Anggota

    Dok,tadi siank saya sedang joging!! Setelah 15 menit tiba" kepala saya terasa sakit banget dok,dan jg pusing!! Tp sakitnya cm sekitaran beberapa menit saja dok!! Apakah itu ciri" penyakit kanker dok????

    Luthfi  Ady Fivers II
    Anggota

    Dok,tadi siang saya sedang joging!! Setelah 15 menit tiba" kepala saya terasa sakit banget dok,dan jg pusing!! Tp sakitnya cm sekitaran beberapa menit saja dok!! Apakah itu ciri" penyakit kanker dok????

    Luthfi  Ferdian
    Anggota
    Hi lutfhi .. Turut prihatin dgn sodaranya.. smga diberi kesembuhan saya mau bertanya apakah adek anda berhasil berobatnya ? Kebetulan calon istri sy juga di diagnosa kanker otak stadium 3. Bgmm kondisi adek anda anda saat ini ?