Tanya Dokter

  • Bronkitis dan infeksi paru-paru yang tidak kunjung sembuh

  •  Luvy Fanoni
    Anggota

    dok saya dah kena bronkitis n infeksi paru berkali2 dah diobatin tp blm smbuh dri hasil rongsen n test darah cm kena bronkitis n infeksi pa saya terkena kanker?

    Hai Luvi, bronkhitis adalah peradangan di saluran pernafasan mulai di daerah tenggorokan sampai dengan paru paru. Penyebabnya:

    • Bronkhitis akut umumnya disebabkan oleh infeksi dan 90% nya adalah virus.
    • Polusi udara, terutama ditemui pada pekerja pekerja tambang dan industri yang berhubungan dengan debu dan asap.
    • rokok baik bagi pemakai maupun perokok pasif.
    Bronkhitis memang cenderung berulang, terutama jika disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Tidak berbahaya dan akhirnya akan sembuh sempurna. Tetapi, pada penderita yang memiliki penyakit menahun, kronis, bronkhitis dapat bersifat serius. Misalnya pada: penyakit jantung menahun, penyakit paru menahun, pemyakit asma , orang lanjut usia dan penderita HIV/AIDS. Agar anda tidak terkena bronkhitis berulang, perlu untuk menjaga stamina tubuh dengan baik, agar infeksi tidak berulang ulang menyerang. Berolahragalah secara teratur, makan makanan cukup gizi, stop merokok atau menjadi perokok pasif. Periksakan diri anda secara teratur ke dokter, untuk hasil yang lebih maksimal. kanker paru, biasanya pada tahap awal tidak memiliki gejala khusus. Hanya batuk batuk dan demam sesekali. Tetapi pada tahap lanjut akan ditemui batuk lama, batuk darah, mudah lelah beraktivitas dan penurunan berat badan yang berlebihan. jika hasil test darah dan rontgen anda menunjukkan bronkhitis, maka anda tidak perlu takut takut dengan kanker paru. Tetapi tetap diperlukan pencegahan untuk bronkhitis yang berulang/kronis. demikian informasinya, semoga bermanfaat.