Tanya Dokter

  • Benjolan di payudara kanan membesar

  •  Nery
    Anggota

    Dok saya neri umur 17, saya mempunyai keluhan yaitu kanker pada payudara. Saya bingung benjolan di payudara kanan awalnya kecil setelah 3 tahun yang lalu dan sekarang benjolan itu membesar kirakira 3cm dan ada tumbuh lagi benjolan di sebelahnya tapi masih di payudara kanan ukurannya seperti kacang awalnya emang tidak sakit, smpe besar pun di pegang memang tidak sakit . Itu sangat keras benjolannya tapi kalo makan makanan yg dilarang oleh penderita kanker akan kerasa sakit. Yang mau saya tanyakan apakah bener ini kanker payudara? Dan apakah udah parah? Tetapi benjolan itu tidak menyebar ke payudara sebelahnya. Puting saya pun tidak pernah keluar nanah ataupun darah kulitnya tidak kasar seperti kulit jeruk. Nah gimana dok mohon bantuannya?

    Halo,   Benjolan pada payudara belum tentu sebuah kanker. Apalagi usia Anda masih sangat muda dimana prevalensi kemungkinan terjadinya kanker masih sangat kecil. Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal yang ganas yang biasanya membesar dengan cepat , menyebar dengan cepat dan mematikan. Benjolan pada payudara Anda bisa jadi disebabkan oleh :

    1. Fibroadenoma mammae
    2. kista payudara
    3. Tumor jinak payudara
    4. fibrokistik
    5. Kanker payudara
    6. dll.
    Untuk memastikan benjolan tersebut maka pemeriksaan fisik dan tes medis seperti USG dan mammografi bisa menentukan jenis benjolan yang Anda derita, dan dengan demikian bisa dilakukan tindakan sesuai dengan kondisi Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi