Tanya Dokter

  • Perut bagian bawah keras disertai sakit pinggang

  •  O Hani
    Anggota

    sore dok sdh 2 minggu ini prt sy keras di bagian bwh dok. sblh kiri sy lbh krs jg sakit kalo d tekan dan pinggang kiri sy pegal d sertai sakit awal nya 2 minggu lalu sy ssh BAB prt keras, kmbung, begah prt kerasa ganjal. trs sy bnyk mnm air sama buah pepaya. sblm tdr mnm vegeta herbal atau mnm obt laxing bsk nya BAB tapi ky g tuntas. muncul diare kmudian brobat k dokter d ksh obt ranitidin,scopma plus,molagit,ciprofloxacin. bsk nya BAB sy biasa lg krn sblm nya sy bilang BAB sy g tuntas sy d saranin mnm dulcolax bsk nya BAB sy bnyk smpe 5 kali tàpi perut bagian bwh sy msh krs trutama sblh kiri. pas tengkurep kerasa ganjal sekarang dpinggang kiri sy skt+pegel... itu knp y dok? apa yg ganjel itu smpah sblm nya pas sembelit g kluar2? sy skt apa sbnrny? atau ad sesuatu d perut sy sperti kanker? mohon bantuan nya dok terimakasih.

    Hai O Hani, Terimakasih telah bertanya ke Alodokter. Perut dan pinggang sebelah kiri manusia tersusu atas berbagai komponen, mulai dari kulit dan jaringan ikat penyokongnya, serta organ-organ dalam misalnya organ pencernaan (usus besar), organ kemih (kandung kemih, ureter), organ reproduksi (rahim, ovarium, tuba falopii), dsb Terasa kencang dan keras pada perut dan pinggang sebelah kiri yang Anda rasakan mungkin disebabkan oleh gangguan pada satu atau lebih komponen-komponen di atas, misalnya:

    Keluhan ini memang bisa muncul disertai dengan gangguan pencernaan, bisa diare, sembelit, kembung, dsb. Jika keluhan sudah pernah diperikskaan ke dokter, namun tidak kunjung membaik setelah konsumsi obat, sebaiknya periksakan kembali keluhan Anda ke dokter ya.. Jika perlu, dokter akan melakukan pemeriksaan lanjutan, seperti laboratorium, rontgen, USG, atau endoskopi untuk menilai kemungkinan penyebab dan penanganan yang tepat. Sebagai langkah awal, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:
    • Istirahat yang cukup 7-8 jam sehari. Gunakan alas tidur yang nyaman, tidak terlalu empuk, atau terlalu keras. Pilih posisi tidur yang nyaman (miring kanan).
    • Kendalikan stres dengan bijak
    • Berolahraga teratur 3-4x seminggu selama 30-45 menit, misalnya jogging, renang, yoga, senam aerobik, dsb
    • Perbanyak minum air putih 8-10 gelas perhari
    • Konsumsi makanan bergizi seimbang. Batasi makanan asam, pedas, bersantan, gorengan, kafein. Batasi makanan yang banyak mengandung gas, seperti kol, sawi, umbi-umbian.
    • Hindari rokok dan alkohol
    • Hindari menekan-nekan perut yang keras
    • Kompres perut yang keras dengan air hangat
    Semoga membantu ya..   dr. Nadia Nurotul Fuadah