Tanya Dokter

  • Apakah seseorang yang belum pernah berhubungan intim bisa terkena kanker rahim?

  • maaf dok.saya mau tanya ,, satu bulan ini saya haid sudah 3x yang pertama keluarnya lancar sampai 1 minggu, keluar darah yang kedua cuma sehari dan memang sedikit dan yang ketiga sampai 4hari, hari yang pertama dan kedua banyak tapi yang ketiga dan ke 4 memang sedikit.

    sekarang setelah saya di kasih obat dokter dan mengkonsumsi obat tersebut (hufabion) saya malah sering mual,dan malah ga nafsu makan hingga berat badan saya 1 minggu turun 4kg? dokter ga ngomong apa2 katanya cuma kecapean tapi kalo bulan depan masih seperti itu harus dipriksa lanjut,

    pertanyaannya dok, apa mungkin saya di usia 20 tahun yang belum pernah berhubungan seks terkena kanker rahim ?

    Chyra Ntu Fera  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Chyra, Kondisi yang anda alami, yakni adanya perdarahan diluar siklus disebut dengan metroragia. Banyak kondisi yang dapat menyebabkan metroragia , mulai dari kelainan organik pada leher rahim, rahim, tuba dan indung telur hingga gangguan keseimbangan hormonal, kegemukan, stress fisik emosional, dan aktifitas fisik yang terlampau berat. Infeksi dan keganasan / kanker termasuk yang dapat menyebabkan keluhan tersebut. Untuk lebih jelasnya, anda dapat membaca diskusi lain mengenai topik metroragia ini . Jika berbicara mengenai kanker rahim , yang terbanyak adalah kanker endometrial (sel asal kanker dari lapisan terdalam rahim) umumnya (75%) terjadi pada wanita usia tua yang telah mengalami menopause / berhenti haid dan jauh lebih jarang pada usia muda seperti anda. Penyebab pasti tidak jelas tetapi terdapat beberapa faktor resiko yang meningkatkan kemungkinan seorang wanita terkena kanker rahim : - Terapi pengganti hormon estrogen - kegemukan - PCOS/penyakit kista multipel pada indung teur, mengalami anovulasi (tidak melepaskan sel telur) dalam jangka waktu lama / kronik - Tidak memiliki anak - Haid yang datang pertama kali pada usia sangat dini atau menopause / benhenti haid pada usia yang terlalu tua - darah tinggi, diabetes Jika berbicara mengenai kanker leher rahim, penyebabnya jelas yakni infeksi virus HPV (human papilloma virus), hampir pada seluruh kasus, penularan terjadi lewat hubungan seksual dan penularan lewat jalur non-seksual teramat jarang. Faktor resiko kanker leher rahim : - Hubungan seksual diusia muda - HUbungan seksual dengan banyak partner - Pasangan pria yang sering gonta-ganti partner - Riwayat pernah terkena penyakit menular seksual seperti sifilis/raja singa, kencing nanah, HIV Beberapa tautan yang dapat anda baca : apakah siklus haid saya normal mewaspadai menstruasi tidak normal menstruasi Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, dr. Rico Novyanto   <p style="border: 0px; font-family: museosans300, sans-serif; margin: 0px 0px 20px; outline: 0px; padding: 0px; vertical-align: baseline; word-wrap: break-word; line-height: 23px; color: #000000;"></p>

    Chyra Ntu Fera  Chyra Ntu Fera
    Anggota

    maaf dok .. saya mau tanya lagi. bulan ini saya selesai haid tanggal 28 tapi saya haid lagi tanggal 7 dan itu cuma sehari dan tanggal 8 nya saya flek banyak dan agak menggumpal setelah 1bln saya haid 3x memang selesai haid yang terakhir saya mengalami flek ... terkadang perut saya sakitnya luar biasa kaya mau haid maunya di tekan terus itu berbahaya ga dok ?

    Chyra Ntu Fera  Chyra Ntu Fera
    Anggota

    Chyra Ntu Fera June 9, 2015 at 9:49 pm maaf dok .. saya mau tanya lagi. bulan ini saya selesai haid tanggal 28 tapi saya haid lagi tanggal 7 dan itu cuma sehari dan tanggal 8 nya saya flek banyak dan agak menggumpal setelah 1bln saya haid 3x memang selesai haid yang terakhir saya mengalami flek … terkadang perut saya sakitnya luar biasa kaya mau haid maunya di tekan terus itu berbahaya ga dok ?