Tanya Dokter

  • Menstruasi 3 kali selama sebulan, apakah bisa menyebabkan kanker rahim?

  • dok saya mau tanya. saya wanita berusia 21 thun. dalam 1 bulan ini saya mengalami haid 3 x dalam sebulan. kira kira itu kenapa ya dok. soalnya saya takut dengan yg nama nya kanker dinding rahim.tolong di balas ya dok.

    Hai Sangat jarang dan kemungkinannya sangat kecil terkena kanker rahim pada usia kurang dari 30 tahun dan belum pernah berhubungan seksual. Gejala kanker rahim pada stadium dini pada umumnya tidak terdapat gejala apapun, oleh sebab itu kanker rahim lebih sering terdeteksi pada stadium lanjut dimana tingkat penyembuhannya kecil. Gejala yang dapat muncul antara lain:

    • Keputihan banyak dengan bau yang tidak sedap atau berbau busuk
    • Perdarahan diluar siklus haid
    • Nyeri saat berhubungan intim disertai adanya keluar darah
    • Nyeri pada perut bagian bawah
    • Penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab yang jelas.
    Perdarahan diluar siklus haid atau haid yang tidak teratur memang salah satu gejala dari kanker rahim, namun ini tidak selalu akibat dari kanker rahim. Pada wanita usia muda penyebab tersering adalah ketidakseimbangan hormonal, misal akibat kelelahan, stres psikologis, diet ketat, penggunaan KB hormonal (bila telah menikah), dsb. Namun dapat juga disebabkan hal lain seperti infeksi, dimana biasanya akan disertai gejala keputihan, ataupun adanya gangguan pada indung telur dan rahim misal miom rahim, kista indung telur (ovarium), endometriosis, dsb. Bila gejala siklus haid Anda tidak teratur dalam jangka waktu lama, ada baiknya Anda memeriksakan ke dokter untuk diketahui pasti penyebabnya, bila diperlukan dengan pemeriksaan USG. Informasi terkait dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mewaspadai siklus haid yang tidak normal. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr,Yan william