Tanya Dokter

  • Pendarahan di luar siklus menstruasi

  • Dok saya sangat bingung dengan gejala yg saya alami ini termasuk penyakit apa. Selama ini saya suntik kb 3 bln tp kdang saya kluar darah kbtulan sesudah berhubungan cuman sekali itu saja sudah tdk kluar lagi itu drah mens atau ap saya juga bingung kemudian saya lakukan pap smear hasil msih belum d ketahui.. Tp perasaan saya ada penyakit di rahim saya.. Slama ini saya sangat kepikiran mslah itu kadang sering pipis kdang pernah ad kputihan bening bercampur sdkit s3l drah.. Dan skrg yg saya alami sakit d bwah perut terutama ketika mengeluarkan pipis hampir selesai.. Tolong penjelasanya tentang gejala yg saya alami

    Hai

    Perdarahan dari vagina diluar siklus menstruasi memang salah satu gejala dari kanker serviks, namun tidak selalu disebabkan oleh kanker serviks. Gejala ini merupakan efek samping normal dari penggunaan KB hormonal seperti KB suntik. Pada KB suntik 3 bulan, pada awal penggunaannya dapat terjadi menstruasi yang lebih sering dan lama, namun pada selanjutnya yang terjadi adalah sebaliknya yaitu terlambat atau tidak menstruasi sama sekali. Efek ini dapat bervariasi antara tiap wanita. 

    Pada stadium yang masih awal, sebagian besar kanker serviks tidak menimbulkan gejala apapun, bila sudah menimbulkan gejala biasanya kanker serviks sudah masuk stadium yang lebih lanjut. Gejala dari kanker serviks antara lain:

    • Keputihan berjumlah banyak disertai bau yang tidak sedap.
    • Perdarahan dari vagina setelah hubungan seksual
    • Gangguan siklus haid dimana adanya perdarahan diluar siklus haid dengan jumlah yang banyak
    • Nyeri saat berhubungan seksual
    • Nyeri pada perut bagian bawah.

    Bila Anda khawatir terkena kanker serviks, Anda dapat memeriksakan Pap smear untuk deteksi dini kanker serviks di puskesmas, rumah sakit atau klinik terdekat. Dan untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan vaksinasi kanker serviks/vaksinasi HPV, bila dari hasil Pap smear menunjukkan hasil yang normal.

    Informasi terkait dapat Anda ikuti pada topik berikut:

    Kanker serviks.

    Semoga membantu ya. Terima kasih.

    dr.Yan william