Tanya Dokter

  • flek di luar masa menstruasi

  •  iva firdaus
    Anggota

    Dok. Sy pernah mengalami flek ,itu diluar masa menstruasi.. Apakah itu gejala kanker serviks? Dan kalo kenak kanker serviks apakah tidak bisa hamil dok? Mohon jawabannya.. terima kasih ..

    Hai, Menstruasi yang normal dialami oleh wanita pada umumnya terjadi selama 2-7 hari, dengan jarak antara hari pertama menstruasi ke hari pertama menstruasi berikutnya berkisar sekitar 28 hari. Perdarahan yang terjadi diantara siklus menstruasi yang normal dikenal di dunia medis dengan istilah metrorrhagia. Perdarahan ini dapat terjadi dalam jumlah banyak maupun sedikit, dan dapat terjadi dengan selang waktu yang teratur maupun tidak. Banyak hal dapat menyebabkan metrorrhagia, diantaranya :

    1. ketidakseimbangan hormon
    2. kehamilan yang terganggu
    3. menjelang menopause
    4. masalah pada dinding rahim - seperti endometriosis
    5. masalah pada leher rahim (serviks) - seperti infeksi, polip, maupun kanker serviks
    6. masalah pada vagina - seperti infeksi dan erosi
    7. infeksi pada organ reproduksi wanita lain seperti indung telur dan tabung falopi
    8. masalah pembekuan darah
    9. dan lainnya
    Penderita kanker serviks biasanya memiliki gejala lain selain perdarahan diluar siklus menstruasi, diantaranya :
    • perdarahan dari vagina setelah berhubungan seksual
    • keluar keputihan berbau dan bercampur darah
    • rasa sakit tiap berhubungan seksual
    • dan lainnya
    Untuk menentukan apa yang menjadi penyebab adanya perdarahan / flek diluar siklus menstruasi, diperlukan adanya pemeriksaan langsung dengan dokter. Dokter butuh untuk melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan juga beberapa pemeriksaan medis lain yang diperlukan seperti cek lab darah, USG, pap smear (untuk deteksi kanker serviks), dan lainnya. Kemungkinan untuk hamil setelah terkena kanker serviks berbeda-beda pada orang yang terkena. Sebagian besar penderita kanker serviks tidak dapat hamil lagi akibat dari terapi terhadap kanker tersebut. Namun, penderita yang mengalami kanker serviks stadium dini masih memiliki kemungkinan untuk hamil karena pilihan terapi yang masih memungkinkan untuk hamil. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai masalah kehamilan apabila benar diagnosis kanker serviks telah ditegakan. Semoga membantu, Dian Paramitasari, dr.