Tanya Dokter

  • sakit di vagina setelah berhubungan intim

  •  ayyuuannohay
    Anggota
    selamat malam dok. sayaa ingin bertanya saya sering melakukan seks tapi dengan satu laki laki saja tapi saya kemaren kemaren saat melakukan seks merasa perih atau sakit di bagian dalam vagina saya. ciri ciri kanker serviks kan mengalami pendarahan yang tidak normal dan merasakan nyeri saat melakukan hubungan tapi yang saya rasakan hanya nyeri di bagian dalam vagina saja tidak mengalami pendarahan yang tidak normal. tapi sayaa masih takut karna rasa nyeri nya msih sedikit terasa kira kira ituu kanker serviks bukan ya tolong jawabannyaa secepatnya dok. terima kasih
    ayyuuannohay  ayyuuannohay
    Anggota
    dok balasanyaa tolong

    Selamat malam,

    Kejadian nyeri saat berhubungan badan dapat dipirkan menjadi beberapa sebab :

    • cervicitis (peradangan pada serviks/mulut rahim)
    • Gonore (infeksi disertai keluarnya nanah)
    • Infeksi jamur
    • Kanker serviks

    Pada orang yang lebih muda (<40th), yang pertama perlu dicurigai adalah masalah infeksi/peradangan, jika hal tersebut sudah dapat disingkirkan, barulah kita curiga ke arah kanker serviks. Peradangan pada serviks/cervicitis dapat disebabkan oleh intensitas perilaku seksual yang tinggi, ditambah lagi jika ada riwayat bergonta-ganti pasangan seksual, baik pria nya maupun wanitanya.

    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk dapat dilihat serviks nya (menggunakan alat khusus untuk membuka vagina sehingga mulut rahim dapat dievaluasi) dan dapat dilakukan pemeriksaan khusus untuk membantu menyingkirkan diagnosis kanker serviks (pap smear) sehingga jika memang ternyata ada infeksi dapat ditangani segera agar infeksi tersebut tidak meluas kemana-mana.

    Artikel terkait : servisitis

    Sekian informasi dari Saya, semoga bermanfaat.

    dr.Anthony