Tanya Dokter

  • Perut nyeri hingga ke punggung disertai mual apakah tanda kanker serviks?

  •  Amelia Amel
    Anggota
    Pagi dok...??? Ahir" INI saya sering mengalami nyeri (panas)PDA perut saya bagian kiri Dan nyeri nembus ke punggung. Juga di sertai Mual pusing.. Keputihan. .. Mungkinkah says terkena serviks..

    Hallo Amelia, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Kanker serviks terjadi ketika sel-sel yang sehat mengalami mutasi genetik atau perubahan pada DNA yang mengubah sel normal menjadi sel abnormal sehingga sel yang sehat akan tumbuh dan berkembang biak pada kecepatan tertentu, sedangkan sel kanker tumbuh dan berkembang biak tanpa terkendali. Penyakit kanker serviks di sebabkan oleh adanya infeksi HPV atau Human Papillomavirus. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko menderita kanker serviks antara lain:

    • Melakukan aktivitas seksual terlalu dini
    • Berganti-ganti pasangan seksual
    • Merokok
    • Daya tahan tubuh yang lemah seperti pada penderita HIV AIDS
    • Melahirkan banyak anak

    Gejala kanker serviks tidak selalu dapat terlihat dengan jelas, bahkan bisa saja gejala tidak muncul sama sekali. Karena sering kali, kemunculan gejala terjadi saat kanker sudah memasuki stadium akhir. Gejala awal yang biasanya timbul :

    • Pendarahan tidak normal dari vagina, seperti flek yang biasanya terjadi setelah berhubungan seks, di luar masa menstruasi, atau setelah menopause
    • Cairan yang keluar tanpa berhenti dari vagina dengan bau yang aneh atau berbeda dari biasanya, berwarna merah muda, pucat, cokelat, atau mengandung darah.
    • Rasa sakit tiap kali melakukan hubungan seksual.
    • Perubahan siklus menstruasi tanpa diketahui penyebabnya, misalnya menstruasi yang lebih dari 7 hari untuk 3 bulan atau lebih, atau pendarahan dalam jumlah yang sangat banyak.

    Kemudian yang menjadi pertanyaan saya adakah faktor pencetus timbulnya keluhan - keluhan yang anda alami ? bagaimana karakteristik keputihan yang anda alami ? apakah anda memiliki keputihan yang abnormal seperti keputihan yang berbau, berubah warna atau terasa gatal dan lain sebagainya ?

    Adanya keluhan yang anda alami seperti nyeri panas pada perut kiri atas disertai dengan mual dan pusing kemungkinan dapat disebabkan oleh adanya gangguan pada asam lambung anda. Pada dasarnya keluhan yang berhubungan dengan lambung itu sendiri dapat terdiri dari :

    Jadi keluhan - keluhan yang anda alami kemungkinan bukanlah suatu tanda anda mengidap kanker serviks. Diperlukan penggalian yang lebih mendalam lagi mengenai keluhan dan riwayat kesehatan yang anda alami. Selain itu diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang seperti USG perut, swab vagina atau bahkan pemeriksaan papsmear untuk dapat menegakkan diagnosis pasti  keluhan - keluhan dan kekhawatiran yang anda alami. Oleh karena itu, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan anda ini ke dokter agar anda bisa mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina