Tanya Dokter

  • Mengatasi kanker kandung kemih stadium lanjut

  •  Rizkha Kahfi
    Anggota
    Alodokter..ayah saya terkena kanker stadium lnjut kanker kantung kemih dan usus besar dan sudah dikemoterapi dan radioterapi kurang lebih 2 bulan dan sudah 3 minggu tidak kemoterapi dan radioterapi dikarna kan dokter bilang sudah selesai...tapi ayah sya masih skit saat pipis,badan masih kurus dan telinga berdengung susah jalan...apkah kemoterapi dan radioterapi tdk brpengaruh dok dan bagaimana cara mnyembuhkan penyakit ayah saya dok?? Apakah bisa sembuh dok??? Mohon penjelasannya dok.. Terima kasih dok..

    Hai,

    Kanker merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan sel yang tak terkendali. Sel-sel ini juga memiliki daya sebar dan karena itu disebut ganas. Pengobatan kanker yang tersedia saat ini meliputi pembedahan, radioterapi, kemoterapi atau gabungan antara ketiga teknik tersebut. Pemilihan teknik pengobatan yang dipakai akan sangat bergantung pada jenis kanker yang dihadapi, stadium penyakit, letak kanker dan gejala kanker.

    Untuk mengetahui jenis, stadium dan letak kanker, selain melalui wawancara klinis dan pemeriksaan fisik oleh Dokter, sering memerlukan pemeriksaan penunjang berupa foto Roentgen, CT-Scan atau MRI. Pemeriksaan darah, air seni dan analisa tinja juga dapat dilakukan.

    Pemantauan hasil pengobatan antara lain menilai adakah gejala sisa, efek samping pengobatan, ukuran kanker dan tingkat aktivitas kanker. Ini memerlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter dan mungkin memerlukan lagi pemeriksaan penunjang seperti yang telah diuraikan di atas, misalnya untuk melihat adakah ukuran tumor sudah berkurang dan apakah tanda-tanda aktivitasnya sudah berkurang melalui pemeriksaan biopsi (pemeriksaan sampel jaringan).

    Keberhasilan pengobatan penyakit kanker saat ini dinilai dari angka kesintasan hidup 5 tahun (5-year-survival rate). Untuk kanker pada stadium 1, angka kesintasan hidup 5 tahun umumnya mencapai lebih dari 90%; sebaliknya pada kanker stadium lanjut, angka kesintasan hidup 5 tahun dapat turun sampai dengan 20-30% atau kurang. Untuk menentukan stadium kanker pasien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma