Tanya Dokter

  • nyeri di testis dan punggung belakang

  •  Randy Aganta
    Anggota

    dok,,saya sudah ke dokter ntah brp dokter pake layanan bpjs,tapi semua dokter  yg saya datangi cuma ngasih obat nyeri dan antibiotik ..masalahnya sakit saya tetap ada dan saya rasa makin parah  skg,awalnya saya dari SMP sampe skg usia saya 30 tahun sangat hobby  suka masturbasi kronis tiap hari,dan 1 tahun yg lalu saya merasakan nyeri di testis dan di punggung belakang dan saya kurangi intessitas masturbasinya jadi 2 x seminggu dok,kadang2 saya juga sering kencing malam bisa 3 x tiap malam...sekarang maslahnya nyeri yg saya rasakan biasa di punggung bawah malah sudah seperti  nyerinya di tulang belakangnya dok..membungkuk aja susah rasanya,sakit...jadi kira2 saya harus gimana lagi dok,pernah sih foto pake USG abdomen full dan Xray tulang belakang,tapi kata dokternya nga apapa..tpi kenapa sakitnya makin parah rasanya padahal kerja saya tiap hari cuman duduk di depan komputer dok jarang kerja berat...mohonlah bantuanya dok,kemana saya lagi berobat,dipijat udah sering tapi habis dipijat nyeri lagi...dok kira2 klo kanker,apa bisa dilihat lewat USG atau Xray tulang belakang dok? saya takut kanker dok

    Halo, Nyeri punggung dapat dirasakan disepanjang tulang belakang hingga ke tulang ekor yang dirasakan hilang timbul serta cenderung memburuk pada malam hari. Nyeri punggung umumnya dipengaruhi oleh postur dan aktivitas fisik. Nyeri punggung bawah dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi seperti:

    • Postur tubuh dan aktivitas harian seperti kegiatan mendorong, menarik, mengangkat beban, berdiri/duduk/membungkuk terlalu lama atau dengan postur yang tidak tepat, otot yang tegang, olahraga berlebihan, bahkan duduk terlalu lama dalam posisi yang tetap.
    • Gangguan pada struktur tulang belakang misalnya pada skoliosis, radang tulang/sendi (artritis), osteoporosis, spondilosis, dan spondilitesis
    • Gangguan kesehatan lain seperti infeksi ginjal, infeksi kandung kemih, radang panggul, gangguan sistem saraf, dan tumor.
    Untuk memastikan diagnosis, dokter perlu melakukan wawancara medis disertai pemeriksaan fisik langsung, dan pemeriksaan penunjang yang sesuai (seperti tes darah, foto rontgen tulang belakang, USG, CT scan tulang belakang, MRI tulang belakang dan EMG). Mengenai nyeri pada testis, beberapa kondisi yang dapat menyebabkan nyeri testis antara lain: epididimistis (radang epididimis), kista epipidimal, hernia inguinal, orchitis (radang testis), testis terpelintir (torsio testis), infeksi saluran kencing (ISK), batu saluran kencing, kanker testis dan sebagainya. Dokter perlu melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk  mengetahui penyebab nyeri yang Anda rasakan. Perlu diketahui, masturbasi umumnya merupakan aktivitas normal untuk mendapatkan sensasi seperti orgasme. Akan tetapi, perilaku masturbasi yang terlalu sering dapat berdampak timbulnya keluhan penis yang linu dan pembengkakan penis. Selain itu, perilaku masturbasi dengan frekuensi tinggi dan kasar dapat menyebabkan lecet dan luka di daerah penis yang mungkin dapat menyebabkan infeksi. Bila nyeri yang Anda rasakan semakin sering timbul, intensitas nyeri semakin hebat dan hal ini mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya periksakan kembali ke dokter atau dokter spesialis. Anda dapat menemui dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis saraf untuk lebih mendapat pemeriksaan yang akurat untuk nyeri punggung. Atau temui dokter spesialis urologi bila Anda khawatir mengenai nyeri testis yang dirasakan. Beberapa tips yang dapat dilakukan antara lain:
    • Istirahat yang cukup
    • Konsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol
    • Lakukan olahraga ringan secara teratur
    • Hindari mengangkat beban terlalu berat
    Semoga membantu, dr. Theresia