Tanya Dokter

  • Kapan bayi di beri makan?

  • Ass. Dok Dok saya mau tanya, katanya sekarang bayi 4bulan boleh di beri mkan, jgan nunggu 6bulan nanti susah makan . Apakah itu benar dok ?

    Hai Silvy,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Idealnya, bayi yang masih berusia kurang dari 6 bulan HANYA mendapatkan ASI (air susu ibu) secara eksklusif tanpa tambahan makanan atau minuman apapun. Mengapa demikian? Karena, pada usia ini saluran pencernaan bayi belum kuat layaknya orang dewasa. Akibatnya, pemberian makanan yang tidak tepat, misalnya terlalu padat, kurang higienis, atau yang ditambahkan dengan zat-zat perasa tertentu bisa membuatnya mengalami gangguan saluran pencernaan, misalnya mual, muntah, diare, atau justru konstipasi.

    Namun, akhir-akhir ini, banyak tenaga medis memperbolehkan pemberian MPASI (makanan pendamping ASI) dini, yakni sebelum usia 6 bulan, namun di atas usia 4 bulan. Pertimbangannya adalah apabila produksi ASI (air susu ibu) berkurang atau jika bayi sulit mengejar ketertinggalan berat badan sesuai standar usianya. Pemberian MPASI dini ini dinilai jauh lebih baik dibandingkan dengan memberikan susu formula. Beberapa penelitian sudah dilakukan, dan menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang terlalu signifikan yang ditemukan antara bayi yang mulai diberi MPASI pada usia 6 bulan dengan 4-6 bulan. Jadi, alasannya bukan agar anak tidak susah makan ya..

    Akan tetapi, tetap saja, pemberian MPASI dini ini sebaiknya dilakukan hanya jika dianjurkan oleh dokter yang memeriksa anak Anda secara langsung. Karena, kondisi masing-masing anak berbeda-beda. Jadi, sebaiknya jangan memutuskan sendiri ya.. Pemberian MPASI dini yang tidak tepat justru berpotensi membuat anak Anda mengalami kekurnagan gizi karena nutrisinya yang sulit dicerna oleh anak.

    Selama pertumbuhan anak Anda baik dan produksi ASI Anda mencukupi, sebaiknya Anda tunda pemberian MPASI hingga anak benar-benar siap, yakni saat usianya mendekati 6 bulan.

    Sekian penjelasan yang bisa kami sampaikan. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa berkonsultasi langsung ke dokter spesialis anak.

     

    Artikel berikut mungkin berguna bagi Anda:

    MPASI diberikan setelah bayi berusia 6 bulan

     

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah