Tanya Dokter

  • Kapan bisa hamil kembali pasca persalinan IUFD ?

  •  rizka2121
    Anggota
    Saya mengalami melahirkan IUFD 21 sept 2017 diusia kehamilan 27minggu karena tali pusat terpilin. Dan saya nifas bersih kurang lebih hanya 3minggu. Tanggal 15 okt saya kontrol dan dikatakan sudah ada telur yg berkembang sekitar ukuran 1,6mm. Dan diperkirakan 5hari lagi telurnya subur. Dan diprediksi 16hari setelah kontrol menstruasi. Kalau tidak mens kemungkingan hamil. Saya hubungan rutin dan ini sudah hari ke 18 setelah kontrol tapi blm mens dan saya cek juga negatif. Sempat flek merah muda 1 hari saja minggu lalu. Pertanyaannya flek darah apa itu mens atau sisa nifas atau apa? Kapan saya bisa hamil kembali? kapan kehamilan awal bisa dideteksi? Dan seperti apa tanda awal atau tanda pembuahan itu berhasil?
    rizka2121  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Rizka,

    Flek yang Anda alami bisa disebabkan karena beberapa faktor seperti tanda ovulasi / pelepasan sel telur, tanda penempelan janin di dinding rahim pada kehamilan awal, iritasi dan luka pada vagina / leher rahim, polip dan keganasan.

    Apabila Anda sudah melakukan testpack dan hasilnya negatif, coba lakukan testpack ulang 1 minggu setelah testpack pertama ya. Apabila hasilnya masih negatif, kemungkinan Anda tidak sedang hamil. Hal yang menyebabkan menstruasi terlambat kemungkinan merupakan faktor hormonal pasca kehamilan. Namun apabila testpack menjadi positif, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kandungan supaya bisa dilakukan USG untuk memastikan kehamilan Anda ya.

    Secara umum setelah persalinan, IUFD ataupun normal, atau pasca keguguran, apabila Anda ingin melakukan program hamil kembali sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter kandungan untuk menentukan waktu yang tepat. Umumnya dokter kandungan akan menyarankan menunda kehamilan selama beberapa bulan pasca persalinan agar tubuh ibu sudah siap hamil kembali dan untuk mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Namun jika menurut dokter kandungan kondisi Anda cukup baik untuk hamil maka tidak ada masalah jika Anda sudah hamil kembali setelah persalinan.

    Tanda kehamilan sendiri ada 3 yaitu tanda tidak pasti hamil (terlambat menstruasi, mual, muntah, lemas, mudah lelah, pusing, sering BAK, moody), tanda kemungkinan hamil (hasil testpack positif), dan tanda pasti kehamilan, yaitu ditemukannya kantung janin, gerakan janin, maupun denyut jantung janin melalui USG.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    IUFD
    Tanda hamil
    Testpack

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y