Tanya Dokter

  • Kapan bisa menstruasi setelah melahirkan dengan IUFD

  •  rizka2121
    Anggota
    Saya melahirkan IUFD 21 september, nifas bersih kurang lebih 15 oktober. Kontrol ke dokter tgl 15 okt. Lalu dokter memperkirakan mens 16 hari lagi dari hari periksa. Tapi sampai hari ini saya belum menstruasi. Pertanyaannya, kira” menstruasi setelah nifas itu kapan? Masa suburnya kapan kalau siklus mestruasi saya tidak teratur? Bisa kah saya hamil setelah nifas tanpa melewati menstruasi terlebih dahulu?

    Halo,

     

    Paska melahirkan umumnya nifas akan berlangsung selama 40 hari, apalagi jika Anda tetap melahirkan dengan persalinan normal. 

    Siklus menstruasi umumnya tidak akan sama pada setiap wanita setelah masa nifas selesai. Namun sebagian besar kasus akan mendapatkan kembali siklus menstruasi normalnya sebulan setelah masa nifas selesai.

    Pada ibu yang menyusui siklus menstruasi bisa berjalan lebih lambat dari yang tidak menyusui bayinya.

    Keterlambatan siklus mentruasi Anda dari perkiraan dokter bisa disebabkan karena :

    1. Ketidakseimbangan hormon.
    2. Stress dan kelelahan.
    3. Perubahan berat badan yang ekstrem.
    4. Gangguan tiroid.

    Masa subur bisa dikenali dengan beberapa cara yakni =

    1. Menghitung HPHT, agak sulit dilakukan pada siklus menstruasi tidak teratur.
    2. Menggunakan ovutest.
    3. memperhatikan lendir vagina.
    4. Mengukur suhu basal.

    Kehamilan bisa saja terjadi segera sesudah masa nifas tanpa diikuti menstruasi terlebih dahulu jika Anda aktif secara seksual dan kondisi rahim memadai. Namun sebaiknya Anda menunda program hamil sesudah persalinan dengan IUFD ini untuk mengembalikan kesehatan tubuh baik fisik maupun mental Anda dalam menghadapai kehamilan dan persalinan berikutnya.

    Anda bisa melakukan testpack atau memeriksakan diri kembali ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan organ reproduksi Anda dengan lebih baik.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi