Tanya Dokter

  • Kapan bisa berhubungan intim lagi setelah keguguran

  •  Srirahayu
    Anggota
    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu... Saya mau tanya dok... saya keguguran tgl 25 okt 2017 pada usia kehamilan 14 minggu.... janin keluar utuh tapi dokter msh menyarankan untuk kuret....janin keluar jam 7 pagi...saya di kuret jam 2 siang....setelag kuret keluar darah selam 9 hari...hari ke sepuluh sudah bersih...kapan saya bisa berhubungan lagi dengan suami??? Terima kasih atas jawabannya.

    Wa'alaikumsalam, wr.wb Sri, terima kasih untuk pertanyaannya.

    Berhubungan intim setelah keguguran boleh dilakukan kapanpun selama kondisi fisik dan psikologis baik istri maupun suami sudah siap. Namun, sebaiknya hubungan intim dilakukan saat kondisi perdarahan sudah berhenti (biasanya setelah 1-2 minggu). Hal ini disebabkan, saat perdarahan masih terjadi, berhubungan intim dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi. Keguguran seringkali menimbulkan dampak psikologis terutama pada wanita sehingga bisa saja menimbulkan ketidaknyamanan saat berhubungan. Berdasarkan hal tersebut, hanya Anda dan suami yang tahu apakah sudah siap untuk kembali berhubungan/tidak. Oleh karena itu, diskusikanlah kembali dengan suami Anda ya.

    Namun, perlu diingat bahwa rahim membutuhkan waktu untuk kembali seperti semula setelah keguguran sehingga disarankan agar Anda tetap menunda kehamilan minimal 3 bulan. Meskipun terdapat penelitian yang memperbolehkan untuk langsung merencanakan kehamilan, tetapi sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dahulu dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan mengenai kondisi kesehatan Anda. Untuk sementara waktu, sebaiknya Anda tetap menggunakan kontrasepsi saat berhubungan intim sebelum berkonsultasi dengan dokter.

    Artikel mengenai cara cepat hamil setelah keguguran dapat dibaca sebagai tambahan.

    Sekian, semoga membantu.

    dr. Sonia L