Tanya Dokter

  • Perhitungan masa subur dan waktu yang tepat untuk hubungan intim

  •  Rheny Achmad
    Anggota
    Malam dok Saya mau nanya dok, Sya baru selaesai haid hri ini ., saya mulai haid sabtu kemaren tanggal 25 maret Kapan sy mulai masuk masa subur dan masa yg bgus untuk berhubungan agar bisa mempercept kehamilan sy ? Terima kasih

    Selamat siang,

    Menstruasi adalah siklus alami pada wanita ketika luruhnya dinding rahim yang sebelum nya dipersiapkan untuk terjadi nya kehamilan, namun ternyata tidak ada kehamilan. Menstruasi ini dipengaruhi oleh hormon reproduksi yaitu hormon estrogen dan hormon progesteron.

    Menstruasi diawali dengan penebalan dinding rahim yang dipersiapkan untuk penempelan hasil pembuahan jika terjadi pembuahan. Jika ukuran rahim telah tepat, maka indung telur akan mengeluarkan sel telur yang matang untuk siap dibuahi oleh sel sperma sehat. Jika terjadi pembuahan, hasil pembuahan tersebut akan dibawa ke rahim untuk menempel pada dinding rahim dan berkembang sesuai usianya. Namun jika tidak terjadi pembuahan, maka dinding rahim yang semula dipersiapkan untuk kehamilan akan diluruhkan dan akan memulai siklus yang baru kembali.

    Masa subur sendiri sangat erat kaitan nya dengan hari dimana indung telur melepaskan sel telur matang ke dalam rahim melalui saluran telur (OVULASI). Ovulasi sendiri terjadi kurang lebih 14 hari sebelum tanggal menstruasi selanjutnya (pada wanita dengan siklus menstruasi yang teratur), dan masa subur berkisar antara 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah ovulasi karena sel sperma sehat dapat bertahan selama kurang lebih 2 hari di dalam rahim dan sel telur sehat dapat bertahan kurang lebih 24-48 jam setelah dilepaskan ke dalam rahim.

    Jadi untuk menjawab pertanyaan Anda, sebaiknya yang pertama ketahuilah waktu siklus Anda secara tepat, setelah itu baru Anda dapat menghitung masa subur dengan tepat. Jika Anda ingin segera mempunyai keturunan, Saya sarankan agar Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan agar dapat dilakukan evaluasi terhadap kandungan Anda, sehingga dapat dijalankan program kehamilan, atau jika ada penyulit untuk Anda hamil dapat ditangani secara tepat.

    Beberapa saran untuk mempercepat kehamilan. :

    • Ketahui masa subur dan ovulasi Anda secara tepat.
    • Jangan terlalu sering berhubungan badan karena akan mempengaruhi kualitas sel sperma.
    • Sebaiknya berhubungan minimal 2 hari sekali agar kualitas sperma terjaga.
    • Minum air mineral minimal 2 L/hari (terutama pada pria)
    • Jangan merokok
    • Jangan mengkonsumsi alkohol
    • Jangan menggunakan obat-obatan terlarang
    • Rajin berolahraga agar hormon reproduksi dapat terjaga kualitasnya.
    • minum suplemen vitamin E dan C untuk membantu meningkatkan kesuburan.

    Sekian informasi dari Saya, semoga bermanfaat.

    dr.Anthony