Tanya Dokter

  • Aturan pakai pil kb yang tepat

  •  ritza
    Anggota
    Halo dok, saya ingin bertanya. Saya menggunakan pil kb dengan nama Diane 35. Setahu saya pil ini diminum pada hari ketujuh menstruasi selama 21 hari. Jika menstruasi saya hanya berlangsung 3 hari, apakah saya harus tetap meminumnya pada hari ketujuh menstruasi? Terima kasih

    Halo Ritza, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan

    Diane-35 adalah salah satu merk dagang dari pil KB kombinasi yang berisi hormon estrogen dan progesteron. Saya tidak akan membahas mengenai salah satu merk dagang tertentu, melainkan mengenai pil KB kombinasi secara umum.

    Pil KB kombinasi memiliki efektivitas yang tinggi (hampir 99%) bila digunakan secara tepat. Berikut anjuran penggunaannya :

    • bila dimulai saat masa menstruasi (hari ke-1 sampai hari ke-7), pil KB akan langsung aktif dalam mencegah kehamilan sehingga tidak memerlukan kontrasepsi tambahan
    • bila dimulai di luar masa menstruasi (lebih dari hari ke-7), sebaiknya menghindari hubungan seksual atau gunakan kontrasepsi tambahan selama setidaknya 7 hari
    • pil KB kombinasi terdiri dari dua paket, yaitu paket 21 pil (seperti Diane-35) dan paket 28 pil
      • untuk paket 21 pil, setelah paket habis dalam 21 hari, maka berikan jeda 7 hari sebelum memulai paket yang baru (memberi kesempatan Anda menstruasi)
      • untuk paket 28 pil, maka mulai mengonsumsi 21 pil aktif disusul 7 pil kosong/plasebo, barulah memulai kembali paket yang baru (tanpa jeda)

    Dengan demikian, menjawab pertanyaan Anda di atas, pil KB kombinasi bisa dimulai pada hari 1-7 masa menstruasi. Pastikan meminum pil KB setiap hari pada jam yang sama. Hal ini bertujuan meningkatkan efektivitas pil KB dan mengurngi efek samping yang mungkin ditimbulkan.

    Bila mengalami permasalahan dalam cara penggunaan ataupun muncul efek samping akibat metode kontrasepsi ini, Anda bisa berkonsultasi secara langsung ke dokter atau petugas kesehatan lainnya.

    Semoga bermanfaat ya

    dr. Lili