Tanya Dokter

  • Belum sadarkan diri pasca operasi kanker otak

  •  Rita haryati
    Anggota
    Dok, teman saya usia 26 tahun mengidap kanker otak sejak bbrp taun yg lalu katanya. Tanggal 30 desember 2017 lalu dia dioperasi. Namun sampai saat ini dia belum sadarkan diri. Apa itu dampak dari operasi atau gimana ? Selain itu, dia juga mengidap gagal ginjal kronik.
    Rita haryati  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Rita,

    Kanker otak merupakan kondisi yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel otak secara tidak terkendali yang mengakibatkan gangguan fungsi otak atau kerusakan otak. Dikarenakan fungsinya yang vital dan sangat luas gejala kanker otak dapat bervariasi antar individu tergantung dari jenis dan letak kanker otak tersebut.

    Penanganan kanker otak secara pembedahan (operasi) dilakukan untuk mengangkat jaringan kanker pada otak. Seperti kebanyakan prosedur medis lainya, prosedur operasi juga berpotensi menimbulkan berbagai komplikasi atau efek samping seperti gangguan kesadaran, gangguan fungsi otak, dsb.

    Meskipun demikian, gangguan kesadaran yang dialami oleh teman Anda belum tentu disebabkan oleh prosedur operasi dan dapat juga disebabkan oleh kanker otak itu sendiri ataupun kondisi gagal ginjalnya (akibat koma uremikum).

    Sebaiknya keluarga teman Anda atau orang yang bertanggung jawab terhadap teman Anda menanyakan mengenai kondisi teman Anda kedokter yang merawatnya agar mendapat informasi yang sesuai dengan kondisi teman Anda.

    Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

    Kanker otak

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono